Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts Today

VIDEO Penonton Malaysia Hina Indonesia  

Written By prayudi syamsa on Jumat, 30 November 2012 | 09.55

Bambang Pamungkas menendang bola yang dibayangi pemain Laos Ketsada Souksavanh pada pertandingan penyisihan grup B Piala AFF 2012 di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, (25/11). ANTARA/Prasetyo Utomo

Jum''at, 30 November 2012 | 08:49 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Persaingan tim nasional sepak bola Indonesia dan Malaysia selalu berlangsung sengit, termasuk dalam Piala AFF di Kuala Lumpur pekan ini. Ketika Malaysia ditekuk Singapura 0-3 pada pertandingan Ahad, 25 November 2012, pendukung tuan rumah malah mengejek Indonesia. Video yang diunggah Indosportnews di situs YouTube pada 27 November 2012 memperlihatkan betapa provokatifnya pendukung Malaysia. Lihat tayangannya di bawah.

Tayangan berdurasi 1 menit 48 menit itu berjudul Malaysia Injak Harga Diri Indonesia di Bukit Jalil. Pengunggah video memberi catatan, "Yel-yel ''tiruan'' yang diteriakkan pendukung garis keras Timnas Malaysia bakal membuat kuping Anda panas." Yel tersebut diteriakkan pendukung garis keras, Ultras Malaysia.

Tim Indonesia akan menghadapi Malaysia pada Sabtu 1 Desember 2012 besok. Pertandingan penentu ini diprediksi akan berlangsung panas, di dalam maupun luar lapangan. Insiden pemukulan supporter Indonesia yang juga ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Sagir Alva dan beberapa penonton Indonesia semakin memanaskan suasana.

KNPI Cabang Malaysia mendesak panitia pelaksana AFF Suzuki 2012 dan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (Football Association of Malaysia/FAM) menjamin keamanan supporter yang memberi dukungan kepada timnya masing-masing. Jika tidak, KNPI minta agar tempat pertandingan dipindahkan ke negara lain. "Jika tidak, pertandingan harus ditunda sampai suasana kondusif, atau dipindah ke negara lain, atau pertandingan dilakukan tanpa suporter kedua tim," kata Sekretaris Jendral KNPI di Malaysia, Tengku Adnan kepada Tempo, Jumat 30 September 2012.

Pertandingan pertama saat Indonesia melawan Laos, 25 November lalu, 15 anggota Bonek dan LA Mania menjadi bulan-bulanan Ultras Malaysia. Sedangkan pada saat Indonesia melawan Singapura, beberapa suporter Indonesia, termasuk Sagir Alva dan bendaharanya Dian Saputra Sembiring kembali menjadi korban pengeroyokan suporter tuan rumah.

Adnan meminta seluruh pendukung Timnas Garuda di Malaysia tetap tenang dan tidak terprovokasi. "Sebagai bangsa beradab, saya yakin pendukung Timnas Indonesia tetap menjaga nilai sportivitas olahraga," ucap Adnan.

YANDI | MASRUR (KUALA LUMPUR)

Baca juga:
KBRI Minta Malaysia Lindungi Penonton
Dahlan Bilang Gol Andik Sekelas Gerrard dan Suarez
Bachdim: Kemenangan Indonesia Bukan Kebetulan
Tiga Lagi Suporter Indonesia Dikeroyok di Malaysia
Dipukuli Fans Malaysia, Bendahara KNPI ke Polisi


09.55 | 0 komentar | Read More

Laga AFF, Malaysia Diminta Jamin Keselamatan Penonton

Jum''at, 30 November 2012 | 08:58 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Cabang Malaysia mendesak paniti pelaksana AFF Suzuki 2012 dan Asosiasi sepak bola Malaysia (Football Association of Malaysia/FAM) menjamin keamanan suporter yang menonton pertandingan dan memberi dukungan kepada timnya masing-masing.

Jika tidak, KNPI meminta agar tempat pertandingan dipindahkan ke negara lain. "Pertandingan harus ditunda sampai suasana kondusif atau dipindah ke negara lain," kata Sekretaris Jendral KNPI di Malaysia, Tengku Adnan kepada Tempo, Jumat 30 November 2012.

Menurut dia, supaya pertandingan berjalan dengan baik, laga tiap tim sepakbola juga bisa dilakukan tanpa suporter.

Desakan ini disampaikan Adnan menyusul insiden pengeroyokan oleh suporter Malaysia terhadap suporter Indonesia di dua pertandingan selama babak penyisihan grup.

Pertandingan pertama saat Indonesia melawan Laos, 25 November lalu. Sebanyak 15 anggota Bonek dan LA Mania menjadi bulan-bulanan Ultras Malaysia, nama suporter sepakbola Malaysia.
 
Sedangkan saat Indonesia melawan Singapura, beberapa suporter Indonesia, termasuk ketua KNPI, Sagir Alva dan bendaharanya Dian Saputra Sembiring menjadi korban pengeroyokan suporter tuan rumah.

Namun begitu, Adnan meminta kepada seluruh pendukung Timnas Garuda di Malaysia untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi. "Sebagai bangsa beradab, saya yakin pendukung Timnas Indonesia tetap menjaga nilai sportifitas olah raga," ujar Adnan.

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Berita lainnya:
VIDEO Penonton Malaysia Hina Indonesia
Soal Tendangan Bebas Indahnya, Ini Jawaban Andik
Kicauan Para Artis Tentang Gol Spektakuler Andik
Salah Tidur, Van Beukering Absen di Piala AFF
Ketua KNPI Dikeroyok Suporter Malaysia
Iwak Peyek Jadi Yel Pendukung Timnas di Malaysia
Kalender Barca 2013, Messi No, Cewek Seksi Yes


09.55 | 0 komentar | Read More

Ozil Kembali Masuk Radar United  

Mesut Ozil (Real Madrid)dalam pertandingan sepakbola Copa del Rey melawan Ponferradina di Stadion Santiago Bernaneu, Madrid, Spanyol (20/12). AP/Daniel Ochoa de Olza

Jum''at, 30 November 2012 | 09:34 WIB

TEMPO.CO, Manchester - Beredarnya kabar mengenai playmaker Real Madrid, Mesut Ozil yang mempertimbangkan masa depannya di Santiago Bernabeu, membuat Manchester United tak tinggal diam. Kubu Setan Merah segera memasukkan kembali nama pemain asal Jerman itu ke dalam radar transfer mereka.

Berdasarkan kabar yang menyatakan pemain berusia 24 tahun tersebut sudah tidak menjadi pilihan utama Jose Mourinho menyusul kedatangan Luka Modric, dan seorang sumber menegaskan dia sudah semakin tidak kerasan berada di Madrid.

Tidak mau incarannya disamber klub lain, manajer MU Sir Alex Ferguson meminta informasi lain dari setiap perkembangan yang terjadi. Dan MU siap menjadi nomor satu dalam antrian jika Madrid memutuskan untuk menjualnya.

Fergie memang sedang memburu pemain yang berposisi sebagai playmaker untuk menggantikan Paul Scholes, yang tampaknya akan pensiun untuk kedua kalinya pada akhir musim ini.

Jika Los Blancos jadi menjual Ozil, klub Spanyol itu ingin menjual sang pemain dengan harga dua kali lipat saat mereka membelinya dari Werder Bremen dua tahun lalu, yakni senilai 12 juta pounds (sekitar Rp 184,73 miliar) dan mendapat bayaran 110 ribu pounds (sekitar Rp 1,69 miliar) per pekan.

Namun, harga itu bukan kendala bagi MU, karena mereka masih memiliki anggaran untuk belanja pemain setelah mereka gagal mendapatkan Eden Hazard dan Lucas Moura pada awal musim.

THE SUN | JOKO SEDAYU

Berita terpopuler lainnya:
Soal Tendangan Bebas Indahnya, Ini Jawaban Andik 
Kicauan Para Artis Tentang Gol Spektakuler Andik 
Salah Tidur, Van Beukering Absen di Piala AFF
Ketua KNPI Dikeroyok Suporter Malaysia 
Iwak Peyek Jadi Yel Pendukung Timnas di Malaysia


09.55 | 0 komentar | Read More

Alexandra Pantang Pakai Barang Baru Saat Balap

Written By prayudi syamsa on Kamis, 29 November 2012 | 09.55

Kamis, 29 November 2012 | 05:08 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Pembalap wanita Indonesia Alexandra Asmasoebrata enggan menggunakan barang-barang baru ketika mengikuti pertandingan. Ia merasa ada yang mengganjal di hatinya jika menggunakannya.

Alexandra pernah menggunakan sarung tangan lamanya selama latihan. Lalu pada saat bertanding, ia menggunakan sarung tangan baru. Alhasil, ia merasa tidak enak selama bertanding dan kalah. Akhirnya pada kesempatan pertandingan yang berbeda, ia akan memakai yang sarung tangannya yang lama.

Pengalaman Andra, panggilan Alexandra, tentang barang baru tidak hanya pada sarung tangan. Pada helm pun ia seperti itu. Andra merasa tidak percaya diri untuk memakai helm barunya di pertandingan. Alhasil, kembali ia memakai pelindung kepala yang sudah beberapa kali ia gunakan.

Karena suka memakai barang-barang lamanya, gadis 24 tahun ini pun akhirnya selalu membawa perlengkapan balap yang berlebih. "Aku jadi selalu bawa barang baru dan lama. Jadi baju balapnya sampai 4 buah, helmnya juga sampai 2 buah," kata Alexandra di Kebayoran Baru pada Selasa 27 November 2012.

Pernah suatu saat anak Alex Asmasoebrata ini sengaja tidak membawa perlengkapan balap lamanya ke lokasi pertandingan. Agar ia tidak ada pilihan sehingga pasti menggunakan helm barunya. Memang akhirnya tetap ia gunakan perlengkapan itu. Namun tetap saja ada perasaan tidak enak selama mengikuti laga.

Gadis berambut panjang ini berpikir ketika ia memakai perlengkapan baru dan ia kalah dalam lomba, ia akan menyalahkan perlengkapan baru itu. "Pasti ini nih yang buat aku kalah," katanya.

Namun ketika ia kalah saat mengenakan pakaian lamanya, ia hanya akan menyalahkan takdir. "Sebenarnya ini bukan urusan kalah atau menang. Tapi aku merasa nyaman saja pakai barang lama dibanding barang baru," kata pembalap yang baru meresmikan kantor barunya di Kebayoran Baru itu.

Pada pertandingannya 8 dan 9 Desember 2012 ini, Andra kembali akan menghadapi kebimbangan urusan barang-barangnya. "Aku ada baju balap baru dan helm baru lagi. Nggak tahu deh akan dipakai atau nggak. Yang penting bawa dua-duanya aja dulu. Biar diputusin di sana," kata pembalap yang akan berangkat ke Cina tanggal 4 Desember ini.

MITRA TARIGAN

Berita lain:
Alasan Timnas Coret Arthur Irawan 
Curhat Arthur Irawan Setelah Dicoret dari Timnas
Viking dan Bonek Kompak Dukung Timnas di Malaysia 
Dramatisnya Proses Naturalisasi Raphael Maitimo 
Timnas Coret Arthur Irawan  


09.55 | 0 komentar | Read More

Dipukuli Fans Malaysia, Bendahara KNPI ke Polisi

Pesepak bola Singapura, Daniel Bennett (atas) merebut bola dari pemain Indonesia, Octovianus Maniani pada pertandingan Grup B Piala AFF di Kuala Lumpur, Malaysia (28/11). REUTERS/Samsul Said

Kamis, 29 November 2012 | 07:02 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kondisi Tim Malaysia yang terdesak dalam ajang Piala AFF bisa jadi membuat para suporter tim Harimau Malaya itu mudah naik darah. Rabu 28 November 2012, mereka mengeroyok dua suporter Indonesia, setelah tim Garuda mengalahkan Singapura 1-0.

Korban dalam insiden ini adalah Sagir Alva, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) cabang Kuala Lumpur, dan Bendahara KNPI Dian Saputra Sembiring. "Kami sudah laporkan insiden ini ke polisi," kata Dian, Kamis 29 November 2012.

Sayangnya laporan pengurus KNPI ini ditolak oleh aparatur keamanan. Pasalnya, Dian mengadukan insiden pengeroyokan itu ke kantor polisi di Bangi, sementara insiden ini terjadi di bawah yuridiksi kantor polisi di Bukit Jalil. "Selain itu, polisi beralasan tidak ada luka dan cedera yang tampak di badan saya," kata Dian. Dia  mengaku kecewa dengan respon polisi Malaysia atas laporannya.

Insiden pengeroyokan ini terjadi tepat di luar stadon Bukit Jalil. Dian dan Sagir sedang berbicara dengan dua reporter Indonesia, ketika puluhan suporter Malaysia mendekati. Setelah pertandingan Indonesia vs Singapura, Malaysia memang dijadwalkan bertanding melawan Laos.

Ketika itulah, mereka berdua didorong dan dihujani pukulan. Sebagian mencemooh suporter Indonesia dan mengusir mereka dari Malaysia. Dian mengaku saat itu hanya berusaha lari dan tidak melawan.  

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Berita Terpopuler:
10 Gol Tendangan Bebas Xavi 
Fontaine: Hanya Messi yang Bisa Samai Rekor Saya 
Gonzales Kirim Doa untuk Irfan Bachdim Dkk 
Falcao Bermimpi Main di Inggris 
Bambang Pamungkas, Bintang Kemenangan Indonesia  


09.55 | 0 komentar | Read More

Tiga Lagi Suporter Indonesia Dikeroyok di Malaysia

Pelatih timnas Indonesia Nil Maizar (tengah) memberikan intruksi kepada anak buahnya usai latihan di lapangan Institut Penilaian Negara , Selangor, Malaysia, Selasa (27/11). ANTARA/Prasetyo Utomo

Kamis, 29 November 2012 | 07:11 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur -  Laga penentuan yang bakal memutuskan kelanjutan nasib tim Malaysia, baru akan berlangsung Sabtu 1 Desember 2012 mendatang, tapi tensi perseteruan antara pendukung tim Harimau Malaya dan tim Garuda sudah memanas. Malaysia harus mengalahkan Indonesia untuk maju ke babak selanjutnya, sedangkan Indonesia cukup seri saja untuk melenggang.

Dampak dari tensi perseteruan yang memanas ini dialami para suporter Indonesia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Tiga suporter Indonesia dianiaya dan jam tangannya diambil.

"Ketika itu, saya memang keluar agak akhir dari stadion bersama tiga kawan lainnya," kata korban pemukulan itu, Ferry Werdinandus Oge, pada Tempo, Kamis 29 November 2012.  

Di luar stadion, mendadak mereka dikejar-kejar suporter tim Malaysia. Suporter Indonesia yang mengenakan baju timnas yang berlogo Garuda jadi bulan-bulanan. "Yang berbaju biasa, malah dibiarkan," kata Ferry. Setelah dikeroyok, jam tangan Ferry dirampas. Sampai saat ini, Ferry belum melapor ke polisi.

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Berita Terpopuler:
10 Gol Tendangan Bebas Xavi 
Fontaine: Hanya Messi yang Bisa Samai Rekor Saya 
Gonzales Kirim Doa untuk Irfan Bachdim Dkk 
Falcao Bermimpi Main di Inggris 
Bambang Pamungkas, Bintang Kemenangan Indonesia  


09.55 | 0 komentar | Read More

Lawan Indonesia, Singapura Percaya Diri

Written By prayudi syamsa on Rabu, 28 November 2012 | 09.55

Pemain Singapura Baihakki Khaizan (kiri) berebut bola dengan pemain Malaysia Norshahrul Idlan Bin Talaha dalam laga kualifikasi gurp B Piala Suzuki AFF di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, (25-11). REUTERS/Bazuki Muhammad

Rabu, 28 November 2012 | 04:46 WIB

TEMPO.CO , Kuala Lumpur: Singapura berada dalam kepercayaan diri tinggi jelang melawan Indonesia hari ini, Rabu, 28 November 2012. Hal itu didorong kemenangan atas tuan rumah Malaysia dengan skor 3-0 pada Ahad lalu.

"Kemenangan itu positif bagi tim. Para pemain menjadi percaya diri dengan apa yang mereka lakukan," kata pelatih Singapura, Radojko Avramovich, di Hotel Palce of the Golden Horses, Selasa, 27 November 2012.

Pelatih yang akrab disapa Raddy itu pun secara khusus memuji duet pemain di lini tengah Singapura, Mustafic Fachruddin dan Harris Harun, yang dinilainya bermain bagus saat mengalahkan Malaysia. "Mereka telah melakukan tugas dengan baik," kata Avramovich lagi.

Avramovich belum mau memerinci strategi dan taktik yang ia siapkan untuk melawan Indonesia. Namun, tak jauh berbeda dengan Nilmaizar, Avramovich menggaransi tim asuhannya akan bermain maksimal dan melakukan yang terbaik untuk menang.

"Kami akan fokus menjaga Indonesia secara tim. Tidak ada satu pemain yang kami anggap berbahaya. Buktinya di pertandingan kemarin, gol Indonesia dicetak pemain belakang," ujar Avramovich.

Di tempat terpisah, pemain belakang timnas Singapura, Baihakki Khaizan mengatakan akan tetap mewaspadai Indonesia, meski di atas angin tim SIngapura lebih diunggulkan "Pertandingan nanti penting, jadi kami harus menang," ujar mantan pemain Persija Jakarta tersebut.

Singapura mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0. Adapun Indonesia ditahan Laos 2-2. Jika kembali menang atas Indonesia, maka Singapura akan lolos ke semi-final. Andaikata kalah dari Indonesia, peluang Singapura untuk lolos dari penyisihan grup tetap besar karena "hanya" akan berhadapan dengan Laos di pertandingan terakhir.

ARIE FIRDAUS

Berita Terkait:
Timnas Meminta Keringanan Sanksi Endra 
Begini Kalau Suporter Malaysia Ngamuk 
Suporter Timnas Minta PSSI Bersatu 
Singapura Tidak Anggap Enteng Indonesia 
Bepe: Mungkin Saya Akan Jadi Kiper  


09.55 | 0 komentar | Read More

Indonesia Diminta Waspadai Serangan Balik Singapura

Pemain Singapura Baihakki Khaizan (kiri) berebut bola dengan pemain Malaysia Norshahrul Idlan Bin Talaha dalam laga kualifikasi gurp B Piala Suzuki AFF di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, (25-11). REUTERS/Bazuki Muhammad

Rabu, 28 November 2012 | 05:04 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Tim nasional Indonesia diminta mewaspadai serangan balik Singapura dalam laga penyisihan Grup B hari ini. Menurut pengamat sepakbola, Tommy Welly, strategi serangan balik Singapura terbukti efektif saat melibas Malaysia 3-0, Ahad lalu.

Dia memprediksi Indonesia memiliki kemungkinan kecil memenangkan pertandingan. "Seri saja sudah hebat," kata Tommy saat dihubungi Tempo, Selasa, 27 November 2012.

Menurut Tommy, dari segi materi pemain, Indonesia sudah kalah dari Singapura karena yang hadir di Timnas sekarang bukanlah kualitas terbaik. Indonesia memang memiliki beberapa pemain yang bagus, misalnya Vendri Mofu atau Bambang Pamungkas. "Tapi Bambang Pamungkas bukan seperti enam tahun lalu," ujarnya.

Dia menambahkan, pelatih Singapura, Radojko Avramovic, tepat dalam menempatkan pemain. Avramovic menempatkan pemain berpostur tinggi sebagai pemain belakang. "Mereka juga bermain kompak," ujarnya.

Pemain depan Singapura, seperti Kahirul Amri, sebenarnya bukan individu yang hebat. Namun, tim yang dijuluki The Lions itu memiliki pemain tengah yang bagus, misalnya Fahrudin Mustafic. "Mereka kuat di tengah," kata dia.

Pada laga 25 November lalu, Tommy mengatakan, Malaysia sebenarnya memegang kendali. Namun, Singapura bisa mencuri peluang. Organisasi permainan Singapura padat dan bagus.

Tommy juga mengkritik persiapan Timnas yang ia anggap kurang, tidak maksimal. Ditahannya Indonesia oleh Laos dengan skor 2-2 adalah buktinya. "Dulu Indonesia bisa menang 6-0 melawan Laos," kata dia.

GADI MAKITAN

Terpopuler:
Dahlan: Indonesia-Laos Harusnya Bisa 10-0 
PSSI Tunjuk Pengganti Anggota Komite Bersama 
Benitez Siap Lego Frank Lampard 
Endra Prasetya Bisa Tampil Lawan Malaysia 
Mourinho Bicara Soal Isu Ribut dengan Klub
Inter Kalah dari Parma, Stramaccioni Murka
Godin: Messi-Falcao Lebih Hebat daripada Ronaldo  


09.55 | 0 komentar | Read More

Lawan Singapura, Timnas AFF Dibayangi Rekor Buruk

Pelatih timnas Indonesia Nil Maizar (kiri) berbincang dengan Raphael Maitimo (kanan) usai latihan di lapangan Institut Penilaian Negara , Selangor, Malaysia, Selasa (27/11). ANTARA/Prasetyo Utomo

Rabu, 28 November 2012 | 09:39 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur -Tim nasional Indonesia memiliki catatan buruk saat berhadapan dengan Singapura. Menjelang pertandingan tim "Garuda di Dadaku" dengan Singapura, timnas perlu menjadikan catatan buruk itu sebagai pelajaran.

Pelatih timnas, Nilmaizar, menyatakan statistik masa lalu tak bisa menjadi patokan dalam pertandingan piala Suzuki AFF 2012. Dengan penuh keyakinan, pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat ini menyatakan anak asuhnya akan melakukan yang terbaik.

"Head to head kami menghadapi Singapura, terutama di kejuaraan AFF, selama ini memang tak begitu bagus. Namun, itu bukan berarti bahwa kami akan menyerah dari Singapura dalam pertandingan kali ini," kata Nilmaizar kepada Tempo, Rabu, 28 November 2012.

Justru, kata Nil, anak asuhnya termotivasi mematahkan rekor buruk saat melawan Singapura. "Kami persiapkan semuanya secara maksimal dan sungguh-sungguh. Kami ingin menghapus rekor buruk melawan Singapura," Nil menegaskan. Ia menambahkan, keyakinannya tak harus membuat timnas besar kepala. "Hasil akhir tetap kami serahkan kepada Yang Maha Kuasa."

Jika menilik ke belakang, dari lima pertemuan Indonesia melawan Singapura dalam ajang AFF selama ini, Indonesia hanya satu kali menahan seri tim Negeri Singa tersebut. Sisanya, timnas Garuda harus menerima kekalahan.

Berikut head to head pertandingan Indonesia melawan Singapura di ajang AFF.
Indonesia 1-2 Singapura (Semifinal Piala AFF 1998)
Indonesia 1-3 Singapura (Final Leg I Piala AFF 2004)
Singapura 2-1 Indonesia (Final Leg II Piala AFF 2004)
Singapura 2-2 Indonesia (Babak penyisihan grup Piala AFF 2007)
Indonesia 0-2 Singapura (Babak penyisihan grup Piala AFF 2008)

MASRUR (Kuala Lumpur)

Berita Terpopuler
BNN: Akan Kami Ungkap Siapa Sebenarnya Ola
Marzuki Alie Lapor Menlu, Dubes di Jerman Santai
Peran Ola Akan Diungkap dari Hillary K. Chimezie
Tiba di KPK, Jokowi Bolak-balik
Dahlan: Indonesia-Laos Harusnya Bisa 10-0
10 Ribu Buruh Terancam Menganggur
Akun @TrioMacan2000 Menghilang karena Dibajak?


09.55 | 0 komentar | Read More

PSSI Tunjuk Pengganti Anggota Komite Bersama  

Written By prayudi syamsa on Selasa, 27 November 2012 | 09.55

Sejumlah pesepakbola Timnas Indonesia versi PSSI melakukan latihan di Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya, Jatim, (13/9). Latihan tersebut jelang laga persahabatan melawan timnas Vietnam pada Sabtu (15/9) di Gelora Bung Tomo, Surabaya. ANTARA/M Risyal Hidayat

Senin, 26 November 2012 | 19:36 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menunjuk pengganti tiga anggota Komite Bersama (JC) yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu sebagai pengurus PSSI. Mereka adalah Saut Sirait, Umar Husein, dan Ray Akbar.

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI Halim Mahfudz, dua dari mereka sudah memberikan konfirmasi, kecuali Umar. "Secepat mungkin surat keputusan mengenai penggantian orang-orang itu terbit," kata Halim di kantor PSSI, Senayan, kemarin. Kemudian pihaknya akan mengadakan rapat Komite Bersama.

Sebelumnya, tiga anggota JC mengundurkan diri. Yang pertama mengundurkan diri adalah Ketua JC, yaitu Todung Mulya Lubis. Todung mundur lantaran merasa komposisi dan desain komite membuat kedua pihak tak akan pernah mencapai kesepakatan.

Menyusul anggota JC, Catur Agus Saptono dan Saleh Mukkadar. Menurut Halim, Catur mengundurkan diri karena alasan kesibukan. Sedangkan Saleh karena kecewa dengan sikap anggota Komite Bersama dari pihak Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) yang tidak kooperatif dalam mengusahakan kesepakatan.

Menurut Halim, JC saat ini memang sedang mengalami jalan yang berat. Ia menemukan indikasi-indikasi kesengajaan dari pihak tertentu untuk membuat pertemuan JC menemui jalan buntu. Adapun Komite Bersama dibentuk untuk mengatasi perpecahan di dalam tubuh PSSI.

Salah satu bentuk nyata konflik ini adalah munculnya dua tim nasional Indonesia. Yang satu di bawah PSSI Djohar Arifin, yang lain dibentuk oleh La Nyalla Mattalitti. Usaha mengharmonisasi timnas beberapa pekan lalu pun gagal lantaran kedua pihak kukuh dengan pendiriannya masing-masing.

Sementara itu, suporter timnas di Malaysia menyuarakan rekonsiliasi sepak bola nasional. "PSSI-KPSI Alangkah Indahnya Bersatu. Untuk Timnas Lagu Kita Masih Sama, Indonesia Raya", demikian bunyi spanduk berwarna putih dengan tulisan merah yang digantung di tribun selatan Stadion Bukit Jalil, Ahad, 25 November lalu. Spanduk tersebut dianggap mewakili keinginan pendukung timnas Garuda di Malaysia.

"Semua pendukung timnas Garuda di Malaysia memang mengharapkan penyatuan liga dan badan sepak bola nasional. Jangan ada lagi kubu-kubuan demi timnas dan Merah Putih," kata Lukman Hakim, pendukung timnas asal Salatiga, Jawa Tengah, yang mengaku selalu mengikuti perkembangan sepak bola Tanah Air.

GADI MAKITAN | MASRUR


09.55 | 0 komentar | Read More

Pep Guardiola Belum Diminati Brasil  

Josep Guardiola I Sala, Mantan Pemain sekaligus Mantan Pelatih FC Barcelona ketika mengisi acara disalah satu TV swasta, Jakarta, (30/06). Pep Guardiola berhasil menyumbangkan 14 trofi untuk Barcelona, kedatangannya disambut gembira para fans di Indonesia. Tempo/Dhemas Reviyanto

Selasa, 27 November 2012 | 09:29 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) Jose Maria Marin membantah pemberitaan juara Piala Dunia lima kali itu akan mengontrak mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, untuk memimpin tim Samba di Piala Dunia 2014.

"Pelatih baru bukan orang asing," kata Presiden CBF tersebut. "Saya sangat menghormati Guardiola, tetapi Brasil telah memenangi lima Piala Dunia dengan pelatih Brasil dan itu sangat penting."

Marin belum berbicara dengan kandidat mana pun. Tetapi, pelatih baru akan diumumkan saat konferensi pers pada pekan pertama bulan Januari.

Guardialo sebelumnya santer dikaitkan dengan tim nasional Brasil semenjak pelatih Mano Menezes dipecat dari jabatannya pada Jumat lalu. "Masa lalu biarlah berlalu. Kita harus memikirkan masa depan dan ini adalah waktu yang tepat untuk menganalisis kandidat ideal untuk memimpin tim yang memperoleh hasil tidak konsisten," Marin menambahkan.

Menezes menjadi pelatih Brasil dengan catatan 21 kemenangan dari 40 pertandingan, termasuk Olimpiade 2012 di London, di mana mereka kalah dari Meksiko di partai final.

FOOTBALL-ESPANA | THE WORLD GAME | JOKO SEDAYU

Berita Terpopuler
Begini Kalau Suporter Malaysia Ngamuk
Suporter Timnas Minta PSSI Bersatu
Clattenburg, Wasit Kontroversial Beraksi Kembali
PSSI Tunjuk Pengganti Anggota Komite Bersama
Singapura Tidak Anggap Enteng Indonesia


09.55 | 0 komentar | Read More

Inter Kalah dari Parma, Stramaccioni Murka  

Selasa, 27 November 2012 | 09:46 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Inter Milan kembali mencatat hasil buruk. Kali ini giliran Parma yang menaklukan Inter 1-0 di stadion Ennio Tardini. Tak ayal lagi hasil ini membuat pelatih Inter, Andrea Stramaccioni, marah besar.

Berniat untuk memperpendek jarak dengan pemuncak klasemen Juventus, Stramaccioni mendatangi kandang Parma dengan skuad utama. Namun, mereka harus kembali tersungkur di sana.

Gol luar biasa yang dicetak Nicola Sansone pada menit ke-75 memberikan I Crociati tiga poin. Namun, pelatih berusia 36 tahun itu menganggap pasukannya yang pantas disalahkan atas gol tersebut.

"Di babak kedua kami tidak bermain dengan baik," kata Stramaccioni kepada Sky Sport Italia. "Gol Sansone tercipta dari salah satu kesalahan lemparan ke dalam kami, dan hanya membiarkannya begitu saja."

"Ini adalah kesalahan fatal. Ini jelas bahwa kami tidak melakukan inisiatif di lapangan tengah," ucap Stramaccioni. "Kami harus menghindari gol tersebut."

Ini merupakan kekalahan ketiga Inter dalam empat laga terakhirnya di Liga Italia. Hasil itu membuat posisi I Nerazzurri melorot ke posisi empat dengan 28 poin, terpaut empat poin dari pemimpin klasemen Juventus. Sementara Parma berada di peringkat tujuh dengan 20 poin.

FOOTBALL-ITALIA | JOKO SEDAYU

Berita Terpopuler
Suporter Timnas Minta PSSI Bersatu
Clattenburg, Wasit Kontroversial Beraksi Kembali
PSSI Tunjuk Pengganti Anggota Komite Bersama
Singapura Tidak Anggap Enteng Indonesia
Endra Prasetya Bisa Tampil Lawan Malaysia
Kalah dari Milan, Marotta Kritik Juventus


09.55 | 0 komentar | Read More

Malaysia Keok dari Singapura

Written By prayudi syamsa on Senin, 26 November 2012 | 09.55

Pemain Singapura Baihakki Khaizan (kiri) berebut bola dengan pemain Malaysia Norshahrul Idlan Bin Talaha dalam laga kualifikasi gurp B Piala Suzuki AFF di stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, (25-11). REUTERS/Bazuki Muhammad

Minggu, 25 November 2012 | 22:13 WIB

TEMPO.CO, Malaysia - Tuan rumah Malaysia meraih hasil mengecewakan di laga perdana penyisihan fase Grup B Piala Suzuki AFF 2012, Ahad 25 November 2012. Menjamu Singapura di Stadium Nasional Bukit Jalil, Safee Sali dan kawan-kawan dipermalukan tiga gol tanpa balas.

Tampil di depan pendukungnya sendiri ternyata tidak membuat Malaysia bermain dengan kepercayaan diri yang tinggi. Malaysia justru terlihat grogi. Alhasil, lini belakang tim berjulukan Harimau Malaya ini kerap menerima gempuran hebat dari tim tamu.

Di babak pertama saja Malaysia sudah kebobolan dua gol dari Thailand. Pada menit ke-32, Sharil Ishak membuat suporter tuan rumah terdiam. Sepakan Ishak dari dalam kotak penalti tak dapat dibendung oleh penjaga gawang timnas Malaysia, Fahmi.

Hanya berselang dua menit, Fahmi kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Lagi-lagi Ishak yang menjadi pemeran antagonisnya. Ishak memperdayai Fahmi untuk kedua kalinya setelah memanfaatkan kelengahan sektor pertahanan Malaysia.

Selepas turun minum, Malaysia bermain lebih baik. Pemainan bola-bola pendek yang diperagakan terlihat akurat. Alhasil, Malaysia lebih mendominasi jalannya pertandingan sehingga beberapa peluang emas didapatkan negara Persemakmuran Inggris ini.

Namun, sayang, tidak ada satu pun yang berujung gol. Keasyikan menyerang gawang Malaysia malah kembali kebobolan. Kali ini giliran Aleksandar Duric yang mencantumkan namanya di papan skor. Ia mengoyak jala Malaysia lewat sundulannya di menit ke-75.

Dengah hasil negatif ini, Malaysia terdampar di dasar klasemen sementara Grup B. Malaysia cuma terpaut satu poin dari Indonesia dan Laos yang bermain 1-1. Di laga selanjutnya, Malaysia akan menghadapi Laos. Adapun Singapura melawan Indonesia.

SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Real Madrid Kalah dari Betis, Apa Dalih Mourinho? 
Laga Indonesia Kontra Laos Jadi Trending Topic 
Pukul Filipina, Thailand Puncaki Grup B
Rahasia Dortmund, Antitesis Barcelona 
Guardiola Ingin Latih Manchester United


09.55 | 0 komentar | Read More

Liverpool Curi Satu Angka dari Swansea

Minggu, 25 November 2012 | 22:53 WIB

TEMPO.CO, Wales - Liverpool mencuri satu angka dari tuan rumah Swansea City pada lanjutan Liga Primer Inggris yang digelar di Liberty Stadium, Ahad, 25 November 2012. Sepanjang pertandingan tidak ada satu gol pun yang diciptakan oleh kedua tim.

Tambahan satu angka ini membawa Liverpool naik satu tingkat ke nomor 11 dengan nilai 16. Pasukan Brendan Rodgers tertinggal cukup jauh dengan pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, Manchester United. The Reds terpaut 14 angka dari The Red Devils.

Pertandingan berjalan dengan menarik. Liverpool dan Swansea sama-sama memperagakan permainan bola-bola pendek dengan tempo yang tinggi. Ditambah lagi. Liverpool dan Swansea bermain terbuka, sehingga, banyak peluang yang didapatkan kedua tim.

Pada menit ke-23, Liverpool nyaris membuka keunggulan. Melakukan terobosan dari sektor kiri, Glen Johnson melepaskan tembakan dari sudut sempit. Sayangnya, bola masih mengenai kaki dari kiper Swansea, Treammel, sehingga si kulit bundar melambung di atas mistar gawang.

Tak mau mendapatkan gempuran terus-menerus, Swansea mencoba menekan pertahanan Liverpool. Tim besutan Michael Laundrup memborbardir lini belakang Liverpool dari berbagai. Namun penampilan apik Pepe Reina di bawah gawang membuat para pemain Swansea frustrasi.

Di menit ke-33, Liverpool berhasil mengoyak jala Swansea. Menerima umpan silang dari Luis Suarez, Johnson mampu meneruskan si kulit bundar ke dalam gawang. Namun wasit menganulir gol tersebut. Soalnya, Johnson dianggap sudah lebih dulu berada di posisi offside.

Pada babak kedua, Rodgers melakukan sejumlah perubahan. Ia memasukkan Joe Cole dan Jonjo Shelvey. Laudrup pun tak mau ketinggalan. Ia menurunkan Sung-Yong Ki, Nathan Dyer dan Kemy Agustien. Namun perubahan itu tak membuahkan hasil. Hingga laga usai skor tetap 0-0.

SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Laga Indonesia Kontra Laos Jadi Trending Topic 
Real Madrid Kalah dari Betis, Apa Dalih Mourinho? 
Pukul Filipina, Thailand Puncaki Grup B
Rahasia Dortmund, Antitesis Barcelona 
Bepe: Mungkin Saya Akan Jadi Kiper  


09.55 | 0 komentar | Read More

Rezeki dari Fanatisme Timnas di Malaysia

Senin, 26 November 2012 | 03:19 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur-- Fanatiknya pendukung timnas Indonesia sudah tak diragukan lagi, di dalam maupun luar negeri. Tak mengherankan, jika antusiasme tersebut ditangkap sebagai peluang binis oleh pedagang dan penyedia layanan telekomunikasi di Malaysia, tempat dihelatnya babak penyisihan Grup B kejuaraan AFF Suzuki 2012.

"Hari ini kami buat promosi khusus bagi pendukung Indonesia. Beli kartu perdana seharga 38 ringgit 50 sen, dapat pulsa 30 ringgit dan bonus tiket nonton pertandingan Indonesia versus Laos, selama persediaan masih ada," kata Aditya, bagian pemasaran Celcom Axiata untuk WNI.

Aditya mengatakan promosi besar-besaran yang dibuat perusahaannya dimaksudkan untuk merebut pasar WNI yang cukup besar di Malaysia. Namun bukan hanya hitung-hitungan bisnis. "Kami ingin memberikan sesuatu kepada saudara-saudara sesama warga Indonesia. Jadi hitungannya bukan full bisnis."

Di sekitar stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, penjual atribut tim-tim yang akan bertanding sudah menggelar dagangannya sejak kemarin, Sabtu (24/11). Pelbagai atribut seperti kostum, syal, ikat kepala dan terompet telah ditawarkan para penjual baik yang mendirikan tenda maupun yang menggelar dagangannya di jalanan.

Atribut tuan rumah Malaysia dan Timnas Indonesia nampak mendominasi banyak lapak. Antusiasme pendukung Timnas Garuda rupanya menjadi pertimbangan pedagang. "Biasa jersey Indonesia paling banyak dibeli," kata Cik Yussof yang menggelar lapak di samping stadion.

Harga yang ditawarkan juga cukup beragam. Dari kaos yang dibanderol 50 ringgit, ikat kepala seharga 15 ringgit dan terompet dengan harga 5 ringgit.

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Baca juga:
Alasan Timnas Coret Arthur Irawan
Raphael Masuk Timnas Kejuaraan AFF 2012
Mau Nonton Piala AFF 2012? Ini Jadwalnya
Timnas Coret Arthur Irawan
Safee Sali ''Kebelet'' Tampil Bareng Arema Indonesia


09.55 | 0 komentar | Read More

Rahasia Dortmund, Antitesis Barcelona  

Written By prayudi syamsa on Minggu, 25 November 2012 | 09.55

Minggu, 25 November 2012 | 03:32 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Keluar dari lapangan Amsterdam Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu lalu, Daley Blind tetap tak habis pikir atas nasib yang menimpa timnya, Ajax Amsterdam, hari itu. "Kami tidak bermain buruk, tapi mereka sangat mematikan bila memegang bola," kata bek kiri berusia 22 tahun tersebut. "Mereka memiliki kapasitas untuk melangkah lebih jauh."

Pujian tersebut dilontarkan Blind kepada Borussia Dortmund, klub Jerman yang pada hari itu menghancurkan timnya 4-1 dalam laga Liga Champions Grup D. Sungguh memalukan bagi Ajax karena mereka bermain di kandang sendiri dan sebenarnya lebih banyak menguasai bola: 58 persen untuk Ajax berbanding 42 persen untuk Dortmund.

Hasil itu memastikan Dortmund lolos ke babak 16 besar dengan status juara grup meski masih menyisakan satu pertandingan lagi, yaitu menjamu Manchester City, dua pekan mendatang. Die Schwarzgelben (Pasukan Hitam-Kuning) mengoleksi 11 poin dengan memenangi tiga laga, dua kali seri, dan tak pernah kalah dari lima pertandingan.

Tak pelak, Dortmund adalah kejutan terbesar di Liga Champions musim ini. Pasalnya, Grup D awalnya disebut-sebut sebagai "grup neraka" dan diprediksi menjanjikan persaingan sengit di dalamnya sampai pekan terakhir babak grup. Tim asuhan Juergen Klopp itu justru melenggang ringan mengatasi persaingan dengan tiga klub yang di atas kertas memiliki nama lebih besar: Real Madrid, Manchester City, dan Ajax.

Sementara Barcelona—klub yang diakui banyak orang sebagai yang terbaik pada dekade ini—mengandalkan permainan indah dengan fondasi penguasaan bola, Dortmund sebaliknya. Tim dari Stadion Westfalen itu tak suka berlama-lama dengan bola.

Kiper Roman Weidenfeller dan kawan-kawan lebih mengandalkan serangan balik yang cepat dan efektif. Meski begitu, tak ada yang menyamakan mereka dengan gaya permainan Chelsea, yang menjuarai Liga Champions musim lalu dengan gaya "memarkir bus" di depan gawang. Serangan balik Dortmund tetap asyik ditonton.

Lihatlah yang terjadi di Amsterdam Arena hari itu. Dortmund sudah unggul satu gol pada menit kedelapan. Striker Marco Reus memanfaatkan dengan baik serangan cepat yang dibangun sayap kanan Mario Goetze. Ajax baru bisa mencetak gol lewat tendangan Danny Hoesen, menit ke-86, setelah Dortmund unggul empat gol.

Ketika bermain di kandang Dortmund, dalam laga perdana babak grup, pertengahan September lalu, Ajax juga lebih banyak menguasai bola, 55 persen. Tapi tim asuhan Frank de Boer ini juga kalah, 0-1. Saat bermain di kandang Manchester City, Dortmund berhasil bermain imbang 1-1 meski hanya 36 persen menguasai bola.

Tamparan paling keras menimpa Jose Mourinho. Pelatih Real Madrid yang dikenal pragmatis ini menghalalkan berbagai cara untuk menang, termasuk bertahan total dan hanya mengandalkan serangan balik. Melawan Dortmund, pria Portugal ini  kena batunya.

Dua kali bertemu dengan Dortmund, Madrid selalu unggul penguasaan bola, masing-masing 57 persen di kandang Dortmund dan 64 persen di kandang sendiri. Hasilnya, tiap laga berkesudahan 2-1 untuk Dortmund dan seri 2-2. Di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid baru dapat menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Mesut Oezil pada menit-menit terakhir.

"Semua yang dikatakan orang tentang grup ini sebelum kompetisi adalah omong kosong," kata Klopp. "Saat itu kami diprediksi hanya akan menempati peringkat ketiga."

Diboyong dari Mainz 05 pada awal musim 2008/2009, pelatih berusia 45 tahun ini lantas menjadi kunci utama kesuksesan Dortmund. Ia menukar ruang kamar tidur pemain saat laga tandang—untuk memompa kebersamaan—serta menggantung tulisan slogan-slogan di ruang ganti, untuk mendongkrak motivasi pemain. Itu gaya Klopp.

Mengandalkan pemain muda menjadi kunci sukses yang lain. Klopp berhasil mengorbitkan remaja-remaja berbakat yang lantas menjadi andalan tim nasional, seperti Hummels, Goetze, dan Marcel Schelzer. Dortmund juga beroleh keuntungan besar dari hasil transfer—membeli dengan harga murah atau membesarkan pemain dari akademi sepak bola dan lantas menjual dengan harga tinggi. Kasus ini terjadi pada Nuri Sahin, yang dibeli Real Madrid, serta Shinji Kagawa, yang diboyong ke Manchester United.

Dengan gayanya, Klopp berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga dua musim terakhir. Raihan musim lalu bahkan dilakukan dengan beberapa catatan: meraih gelar ganda—trofi Liga Jerman dan Piala Jerman—untuk pertama kali dalam sejarah klub, meraih poin tertinggi dalam sejarah Liga jerman (81 poin), serta menjadi tim juara dengan rata-rata usia termuda sepanjang sejarah (24,2 tahun).

Agustus lalu, Dortmund mengumumkan bahwa pendapatan bersih mereka selama setahun ke belakang mencapai 34,3 juta euro (sekitar Rp 427 miliar), dan merupakan keuntungan terbanyak yang pernah mereka dapatkan. Ini hasil dari prestasi dikurangi skuad yang murah. Padahal satu dekade lalu mereka hampir bangkrut karena salah urus.

Sebagai satu-satunya klub Jerman yang tercatat di bursa saham, Dortmund membikin ngiler para investor kakap. "Jangan coba-coba mendekat, saham kami hanya untuk suporter fanatik," kata CEO klub, Hans-Joachim Watzke.

Bersama Klopp, Dortmund berpotensi membikin kejutan-kejutan berikutnya di Eropa.

INDEPENDENT | GUARDIAN | ESPN | ANDY MARHAENDRA

Baca juga:
Alasan Timnas Coret Arthur Irawan
Raphael Masuk Timnas Kejuaraan AFF 2012
Mau Nonton Piala AFF 2012? Ini Jadwalnya
Timnas Coret Arthur Irawan
Safee Sali ''Kebelet'' Tampil Bareng Arema Indonesia


09.55 | 0 komentar | Read More

Okson, Petinju Ke-29 Meninggal Setelah Bertanding

Minggu, 25 November 2012 | 04:05 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Tak banyak media massa yang memberitakan meninggalnya petinju Okson "Palue" Edison Ingamiua, 19 tahun, di sebuah rumah sakit di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu 21 November 2012 lalu. Ia meninggal diduga karena pembuluh darah otaknya pecah menyusul cedera setelah pertandingan di Kupang. Sedikitnya 29 petinju Indonesia meninggal setelah bertanding, sejak Jimmy Koko pada 1948.

Petinju binaan Rokatenda Boxing Camp Sidoarjo, Jawa Timur, itu bertanding melawan Jerry George Toisita dari Wiem Sapulette Boxing Camp Tangerang, Banten, dalam pertandingan enam ronde. Keduanya terlibat pertarungan sengit disertai "jual-beli" pukulan selama enam ronde itu.

Tak ada yang aneh hingga pertarungan partai tambahan kejuaraan WBO Asia-Pasifik itu usai. Okson malah sempat menyaksikan partai utama dan berteriak-teriak memberi dukungan terhadap rekan satu sasananya, Tommy Seran, melawan petinju Filipina, Jason Rotani.

Di tengah-tengah pertarungan itulah, Okson, yang ada di dekan sudut ring Tommy, tiba-tiba lemas, lalu terjatuh. Dokter pertandingan segera memberi pertolongan, kemudian Okson dilarikan ke rumah sakit. Setelah sempat dirawat, ia lantas diperbolehkan pulang. Okson sempat berniat kembali ke Sidoarjo tapi tak jadi karena kondisi fisiknya mendadak drop dan kembali dilarikan ke rumah sakit.  

Upaya paramedis rumah sakit mempertahankan nyawanya gagal saat Rabu pagi lalu Okson mengembuskan napas terakhir. Ini kematian petinju muda yang mengenaskan.

Kejadian ini pantas mendapat perhatian masyarakat luas, terutama Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), lembaga pengawas di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga. Hal ini terjadi lantaran Okson merupakan petinju kedua yang meninggal seusai pertandingan, setelah Muhammad Afrizal alias Afrizal Cotto di Jakarta, 31 Maret lalu.

BOPI perlu memanggil sejumlah pihak terkait dengan kematian Okson untuk dimintai keterangan tentang apa yang sebetulnya terjadi. Selain itu, para pengurus organisasi tinju profesional maupun amatir diminta menyeleksi dengan ketat petinju yang hendak naik ring.

Hal ini penting dilakukan untuk mencegah petinju yang tidak memenuhi syarat kesehatan lolos naik ring, misalnya setelah dipukul KO dalam waktu kurang dari enam bulan. Indonesia pernah dilarang melaksanakan pertandingan tinju oleh WBC karena banyaknya petinju yang meninggal pada kurun 2000-2004. Waktu itu sedikitnya delapan petinju meninggal setelah bertanding.

AGUS BAHARUDIN

Baca juga:
Alasan Timnas Coret Arthur Irawan
Raphael Masuk Timnas Kejuaraan AFF 2012
Mau Nonton Piala AFF 2012? Ini Jadwalnya
Timnas Coret Arthur Irawan
Safee Sali ''Kebelet'' Tampil Bareng Arema Indonesia


09.55 | 0 komentar | Read More

Daftar Petinju yang Meninggal Usai Bertanding

Minggu, 25 November 2012 | 04:47 WIB

TEMPO.CO, Jakarta--Meninggalnya petinju muda, Okson Edison menjadi pukulan telak bagi dunia tinju Indonesia. Sudah ada 29 petinju yang meninggal usai bertanding. Indonesia pernah dilarang melaksanakan pertandingan tinju oleh WBC karena banyaknya petinju yang meninggal pada kurun 2000-2004. Siapa saja petinju itu?

1948, Surabaya: Jimmy Koko (melawan Meyer)
1950, Surabaya: Rocky Wang/Ricky Huang (VIC Suatman)
1959, Surabaya: Robby Pav (Mohammad Yali)
1961, Sarono (Tan Hwa Soei)
1978, Bandung: Atjeng Jim (Kai Siong)
1979, Nasir Kitu (tak tercatat siapa lawannya)
1980, Syamsul Bachri (tak tercatat siapa lawannya)
1984, Jakarta: Domo Hutabarat (Dadang Krinsa)
1985, Suryanto (tak tercatat siapa lawannya)
1987, Jayapura: Agus Souissa (Michael Arthur)
1988, Blitar: Wahab Bahari (Hudi)
1988, Suryanto (John Bonnex)
1990, Bontang: Bongguk Kendy (Bisenti Santoso)
1993, Jakarta: Yance Samangun (Mahmud)
1995, Jakarta: Akbar Maulana (Bugiarso)
2000, Jakarta: Dipo Saloko (Roy Saragih)
2000, Belawan: Bayu Young Iray (Herianto Kalam)
2001, Bekasi: John Namtilu (Hasan Purba)
2001, Cibinong: Muhammad Alfaridzi (Kongthawat Ora Sorkiti)
2001, Manado: Donny Maramis (Stenly Kalalo)
2003, Jakarta: Johannes "Bones" Fransiscus (Slamet Nizar)
2003, Sumatera Utara: Mula Sinaga/amatir (Asahan Tuerino)
2004, Jakarta: Antonius Jonathan Mosse (Kaichon sor Vorapin)
2004, Purwokerto: Jack Ryan (Syamsul Hidayat)
2005, Jakarta: Hendrik Bira (Mones Arepas)
2006, Manado: Fadly Kasim (Jibril Soamole)
2007, Jakarta: Anis Dwi Mulya (Irvan Bone)
2012, Jakarta: Muhammad Afrizal (Irvan Barita Marbun)
2012, Kupang: Oxon Palue (Gerry Gio Tuista)

AGUS BAHARUDIN

Baca juga:
Alasan Timnas Coret Arthur Irawan
Raphael Masuk Timnas Kejuaraan AFF 2012
Mau Nonton Piala AFF 2012? Ini Jadwalnya
Timnas Coret Arthur Irawan
Safee Sali ''Kebelet'' Tampil Bareng Arema Indonesia


09.55 | 0 komentar | Read More

Raphael Masuk Timnas Kejuaraan AFF 2012

Written By prayudi syamsa on Sabtu, 24 November 2012 | 09.55

Jum''at, 23 November 2012 | 22:39 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Raphael Maitimo resmi masuk skuad tim nasional Garuda dalam kejuaraan AFF 2012. Dokumen keimigrasian yang semula mengganjal proses naturalisasinya sudah selesai. Pemain kelahiran Rotterdam 17 Maret 1984 ini bakal menjadi kekuatan baru lini tengah tim nasional.

Kepastian masuknya nama Raphael dalam skuad Timnas Garuda diperoleh Tempo dari Ketua PSSI Djohar Arifin Husin dan Direktur Media PSSI Tommy Rusihan Arif di Palace of The Golden Horses Hotel Kuala Lumpur, Jum'at 23 November 2012.  "Dokumen keimigrasian Raphael sudah lengkap, Dia resmi masuk skuad Timnas," kata Tommy.

Sembari menunggu proses administrasi, PSSI memboyong Raphael ke Malaysia saat tiba Rabu 21 November lalu. "Awalnya, Dia memang akan ditinggal di Jakarta untuk mengurus administrasinya," kata Pelatih Timnas Nilmaizar. "Namun, Dia diikutsertakan agar bisa ikut berlatih bersama kami di sini."

Proses administrasi keimigrasian Rafael saat itu masih harus menunggu persetujuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Apalagi SBY sedang melakukan lawatan ke Kamboja dan Pakistan selama tujuh hari. "Beruntung Presiden datang dan bisa menyetujui proses naturalisasi Rafael," kata Tommy.

Setelah administrasi Rafael lengkap, Pemain yang memperkuat tim Bali De Vata FC tersebut langsung dibuatkan paspor di KBRI Kuala Lumpur.  Djohar masih membahas pemain tengah yang akan digantikan Raphael. "Malam ini akan segera kami bahas. Mungkin besok baru kami informasikan," kata Djohar.

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Berita Terpopuler
Mahasiswa Indonesia di Malaysia Kangen Timnas  
Malaysia Rileks Hadapi Singapura  
Timnas Dijamu Dubes RI
Raphael Tak Termasuk 22 Pemain Timnas  
Piala AFF, Indonesia Sudah Telan 13 Kekalahan  


09.55 | 0 komentar | Read More

Mau Nonton Piala AFF 2012? Ini Jadwalnya

Pesepakbola Indonesia Bambang Pamungkas (kiri) berebut bola di udara dengan pesepakbola Timor Leste Ramon De Lima Saro (kanan) saat laga persahabatan jelang Piala AFF 2012, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Rabu (14/11). ANTARA/Yudhi Mahatma

Sabtu, 24 November 2012 | 03:43 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: - Mau nonton piala AFF 2012? Berikut jadwal pertandingan Piala AFF 2012 yang dilaksanakan di Thailand dan Malaysia mulai 24 November hingga 22 Desember mendatang.

Sabtu (24/11):

Vietnam vs Myanmar

Thailand vs Filipina


Minggu (25/11):

Indonesia vs Laos

Malaysia vs Singapura

Selasa (27/11):

Vietnam vs Filipina

Myanmar vs Thailand


Rabu (28/11):

Indonesia vs Singapura

Laos vs Malaysia

Jumat (30/11):

Filipina vs Myanmar

Thailand vs Vietnam


Sabtu (1/12):

Singapura vs Laos

Malaysia vs Indonesia

Semifinal

Sabtu (8/12)/SF1: Peringkat kedua A vs Juara B

Minggu (9/12)/SF2: Peringkat kedua B vs Juara A

Rabu (12/12)/SF1: Juara B vs Peringkat kedua A

Kamis (13/12)/SF2: Juara A vs Peringkat kedua B

Final

Rabu (19/12): Juara SF1 vs Juara SF2

Sabtu (22/12): Juara SF2 vs Juara SF1

Pembagian Grup (berdasarkan situs resmi penyelenggara):

Grup A (Stadion Rajamangala Stadion)

Thailand

Vietnam

Filipina

Myanmar

Grup B (Stadion BukitJalil Kuala Lumpur)

Malaysia

Indonesia

Singapura


09.55 | 0 komentar | Read More

Hari Ini, Timnas Latihan Terakhir

Pelatih Timnas Indonesia Nil Maizar memberikan pengarahan usai latihan terakhir jelang Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, (20/11). ANTARA/Yudhi Mahatma

Sabtu, 24 November 2012 | 07:24 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Tim Nasional Indonesia hari ini masih melakukan latihan terakhir di Maybank Sport Complex untuk menjaga kebugaran pemain, kekompakan tim, dan memperdalam taktik. "Jadi bukan latihan fisik berat," kata Nil Maizar kepada Tempo ketika ditemui di Palace of The Golden Horses Hotel.

Pelatih kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat ini mengakui bahwa selama di Malaysia, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan hanya pada hari pertama saja melakukan latihan fisik yang cukup berat.

"Pertama kali di lapangan Inspen, Selangor, kami  lakukan latihan fisik berat. Selanjutnya, latihan ringan dan pengenalan lapangan di stadion Bukit Jalil. Lalu, hari ini kami latihan mematangkan taktik dan kekompakan tim di lapangan Maybank," ujar dia.

Meski mengakui bahwa tim lawan yang akan dihadapi di grup B cukup berat, namun Nil yakin anak asuhnya akan bisa melewati fase penyisihan. "Kami optimistis, karena semua elemen sudah melakukan persiapan yang terbaik yangkami  bisa. Kami berharap yang terbaik dari Yang Maha Kuasa," ujar dia.

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Berita Terkait:
Raphael Masuk Timnas Kejuaraan AFF 2012
Safee Sali: Indonesia Ancaman Bagi Malaysia 
Van Beukering Belum Bisa Tampil Penuh 
Di Malaysia, Timnas Asah Lini Depan 
Penjaga Gawang Timnas Sayangkan Kepergian Samsidar  


09.55 | 0 komentar | Read More

Dahlan, Jokowi dan Mahfud Jadi Penengah PSSI

Written By prayudi syamsa on Jumat, 23 November 2012 | 09.55

Jum''at, 23 November 2012 | 00:29 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo diusulkan menjadi penengah kisruh sepakbola nasional antara PSSI dan KPSI. Ketiga tokoh ini diyakini bisa diterima semua pihak di Indonesia.

"Ketiga tokoh tersebut saat ini mendapatkan dukungan penuh publik Indonesia dan diyakini dapat membantu mencarikan jalan keluar yang dapat diterima semua pihak," kata Duta Besar RI untuk Konfederasi Swiss dan Keharyapatihan Liechtenstein, Djoko Susilo, dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis, 23 November 2012.

Pernyataan itu menyusul rencana pertemuan Wakil Ketua Umum PSSI, Farid Rahman dan Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, dengan Presiden FIFA Sepp Blatter yang didampingi oleh Sekjen FIFA Jerome Valcke. Pertemuan ini akan membahas berita negatif yang terus berkembang sekitar PSSI.

Djoko mengatakan harapan masyarakat Indonesia saat ini adalah terciptanya suasana yang kondusif bagi organisasi sepak bola Indonesia sehingga akhirnya dapat menghasilkan prestasi Timnas yang dapat dibanggakan oleh bangsa dan negara.

Dalam keterangan itu disebutkan bahwa tepat pada pukul 08.40 waktu setempat sebuah limousine FIFA yang membawa Farid Rahman dan Halim Mahfudz memasuki halaman gedung FIFA yang membawanya dari Hotel Zercherberg yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari gedung FIFA itu.

Pertemuan silaturahmi yang diadakan selama beberapa jam ini dirasakan perlu oleh PSSI sekaligus sebagai bentuk perkenalan secara langsung dengan badan persebakbolaan dunia," tulis pernyataan itu.

ANT | YMR

Baca juga:
Kasus Diego Michiels versi Rekannya
Hasil Pertandingan Liga Champions Kamis Dini Hari
Mata Sebut Di Matteo Legenda Chelsea
Di Malaysia, Timnas Asah Lini Depan 
City Vs Madrid: Turunkan Pemain Terbaik


09.55 | 0 komentar | Read More

Sakit Tulang Belakang, Van Beukering Absen Latihan  

Kamis, 22 November 2012 | 19:10 WIB

TEMPO.COKuala Lumpur - Pemain naturalisasi asal Belanda, Jhonny van Beukering, absen dalam sesi latihan sore tim nasional Indonesia di Lapangan Inspen, Kajang, Selangor, Kamis sore, 22 November 2012. Menurut dokter timnas Syarif Alwi, Jhonny menderita sakit tulang belakang dan baru fit dalam beberapa hari ke depan.

"Itu (cedera) akibat kegemukan. Intensitas latihan, seperti loncat dan berlari terlalu berat untuk tubuhnya," kata Syarif Alwi di sela-sela latihan kepada Tempo.

Namun Syarif menggaransi Jhonny akan fit saat pertandingan pertama melawan Laos pada Ahad nanti. "Hari ini saya suruh Jhonny untuk istirahat saja di hotel. Dalam dua hari ini kami akan terus diterapi," kata Syarif lagi.

Berat badan Jhonny, menurut Syarif, masih belum ideal. Saat ini, mantan pemain Pelita Jaya itu berbobot 90 kilogram. "Masih harus turun sekitar lima kilogram lagi," ujar Syarif.

Selain Jhonny, latihan sore timnas juga tidak diikuti gelandang lincah, Oktavianus Maniani. Pemain yang biasa disapa Okto itu mengalami cedera paha ringan.

"Otot paha Okto ketarik. Tapi lawan Laos ia sudah bisa main," kata Syarif.

Indonesia akan menghadapi Laos di laga pertama pada 25 November. Tiga hari berselang, timnas akan menghadapi Singapura. Kemudian, 1 Desember, timnas akan menantang Malaysia.

ARIE FIRDAUS

Baca juga:
Hasil Pertandingan Liga Champions Kamis Dini Hari
Kasus Diego Michiels versi Rekannya
Tim AFF Indonesia Tiba di Kuala Lumpur
Mata Sebut Di Matteo Legenda Chelsea
Kasus Diego Michiels ''Baku Pukul'' Belum Usai


09.55 | 0 komentar | Read More

Benitez Ingin Beri Chelsea Trofi Juara  

Jum''at, 23 November 2012 | 08:01 WIB

TEMPO.CO, London - Pelatih sementara Chelsea, Rafael Benitez, langsung memasang target tinggi bersama klub anyarnya itu. Mantan juru taktik Liverpool ini ingin mempersembahkan berbagai gelar juara buat klub asal London Barat itu.

"Dalam tujuh bulan, saya percaya bisa memenangkan berbagai trofi buat klub ini," ujar peracik strategi asal Spanyol itu, Jumat, 23 November 2012. Musim ini, Chelsea masih berpeluang meraih trofi Liga Primer Inggris, Piala Carling, dan FA.

Benitez ditunjuk menjadi pelatih interim Chelsea pada Rabu lalu. Bekas manajer Valencia ini menggantikan peran dari Roberto Di Matteo, yang dipecat Roman Abramovich setelah Chelsea takluk 0-3 dari Juventus di ajang Liga Champions.

Benitez akan bekerja sama dengan John Terry dan kawan-kawan sampai Juni tahun depan. Beredar kabar, posisi Benitez akan digantikan mantan pelatih Barcelona, Josep "Pep" Guardiola. Namun Benitez tak mau terlalu memikirkannya.

"Saya pikir Guardiola adalah pelatih yang luar biasa. Tapi saya tidak dapat memberitahukan apa yang akan terjadi di masa depan," ucapnya. Benitez kembali menegaskan, yang terpenting, dalam tujuh bulan ke depan timnya meraih gelar juara.

Benitez merupakan salah pelatih top dunia. Sejak terjun menjadi pelatih profesional pada 1994 lalu, Benitez telah meraih 14 gelar juara di berbagai kompetisi. Beberapa diantaranya adalah Liga Champions, Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub.

FOOTBALL ESPANA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Dahlan, Jokowi dan Mahfud Jadi Penengah PSSI
Di Malaysia, Timnas Asah Lini Depan 
Sakit Tulang Belakang, Van Beukering Absen Latihan 
Bonus Besar Menanti Tim Malaysia 
Van Beukering Belum Bisa Tampil Penuh  


09.55 | 0 komentar | Read More

Hasil Pertandingan Liga Champions Kamis Dini Hari

Written By prayudi syamsa on Kamis, 22 November 2012 | 09.55

Kamis, 22 November 2012 | 05:01 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - 16 tim dari empat grup berbeda telah selesai melakoni matchday kelima Liga Champions yang digelar Kamis dini hari 22 November 2012. Beberapa tim besar berhasil memastikan langkah mereka menuju babak selanjutnya.

Di Grup A, Porto dan Paris St Germain sukses memastikan tiket 16 besar setelah mengalahkan lawan-lawannya. Prestasi serupa juga dicapai Schalke dan Arsenal.

Malaga, yang sudah memastikan lolos, bermain imbang 2-2 dengan Zenit St. Petersburg. Hasil imbang ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Malaga di Liga Champions musim ini. Milan bakal menemani mereka lolos dari Grup C usai menang 3-1 dari Anderlecht.

Di Grup D, Manchester City kembali mengulangi catatan buruk musim lalu, yakni tak lolos dari fase grup. City berada di dasar klasemen sementara usai bermain imbang dengan Real Madrid. Peluang untuk melaju ke Liga Europa juga cukup sulit.

Berikut hasil lengkap pertandingan Liga Champions:

Grup A
Porto (Lucho 20, Moutinho 67, Varela 85) 3-0 Dinamo Zagreb

Dynamo Kiev 0-2 Paris St. Germain (Lavezzi 45, 52)

Grup B
Arsenal (Wilshere 49, Podolski 63) 2-0 Montpellier

Schalke (Fuchs 77) 1-0 Olympiacos

Grup C
Anderlecht (De Sutter 78) 1-3 AC Milan (El Shaarawy 47, Mexes 71, Pato 91)

Zenit (Danny 49, Fayzulin 86) 2-2 Malaga (Bounanotte 8, Seba Fernandez 9)

Grup D
Manchester City (Aguero 73) 1-1 Real Madrid (Benzema 10)

Ajax (Hoesen 86) 1-4 Dortmund (Reus 8, Gotze 36, Lewandowski 41, 67)

UEFA | ANTONIUS WISHNU


09.55 | 0 komentar | Read More

Kasus Diego Michiels versi Rekannya

Kamis, 22 November 2012 | 05:04 WIB

TEMPO.CO , Jakarta: Budianto Tahapari, kakak Devi - rekan Diego Michiels Devi, mengungkapkan kronologi pemukulan yang melibatkan Diego Michiels di Domain Club, Senayan City, 8 November lalu.  Perkelahian pada hari itu terjadi tiga kali, dua kali dance floor dan sekali di basement.

"Semua orang dengar di dance floor, Diego dipukul," kata  Budianto seusai melaporkan Meff ke Kepolisian Metro Jaya, Rabu 21 November 2012. "Yang dilaporkan Meff hanya satu, yang di basement. Dia mau memilah-milah, tidak apa-apa. Tapi kami juga punya hak (melaporkan)."

Budianto mengatakan Meff setidaknya bersama empat orang. "Malah lebih. Jadi bukan dikeroyok."

Dia menyebut keanehan pasca-laporan Meff ke Kepolisian Sektor Tanah Abang subuh pada hari yang sama. Setelah visum, Meff cs tidak langsung melanjutkan laporan. "Kenapa mereka lari dari rumah sakit? Buru-buru semua, hilang."

Budianto menilai wajar terhadap perkelahian di club tersebut. "Semua di bawah pengaruh alkohol. Itu tempat dugem. Kalau mau baca alkitab, ya jangan di club," kata dia.

Meff Paripurna, mahasiswa asal Bogor melaporkan pemain tim sepakbola nasional, Diego Robbie Michiels serta empat rekannya ke Polsek Tanah Abang atas tuduhan pengeroyokan. Diego cs kini ditahan di Polres Jakarta Pusat. Adapun rekan-rekan Diego melaporkan balik Meff.

ATMI PERTIWI

Berita Terpopuler
Kasus Diego Michiels ''Baku Pukul'' Belum Usai  
Kasus Century, Siti Fadjrijah Stroke Sejak 2009
Jokowi Tetapkan UMP DKI Rp 2,2 Juta 
Israel Serbu Gaza Tiap Kali Obama Terpilih
Plesir ke Jerman, Anggota DPR Keliru Bertanya
Ridwan Saidi Salut Jokowi Peduli Kampng Betawi


09.55 | 0 komentar | Read More

Ke Chelsea, Guardiola Emoh Jangka Pendek

Kamis, 22 November 2012 | 05:50 WIB

TEMPO.CO , LONDON: – Mantan Manajer Liverpool asal Spanyol, Rafael Benitez, berpeluang menggantikan Roberto Di Matteo sebagai Manajer Chelsea. Di Matteo dipecat oleh pemilik Chelsea, Roman Abramovic, setelah mereka kalah 0-3 melawan Juventus di Liga Champions Rabu 21 November 2012 dinihari.

 Benitez berpeluang besar menangani Chelsea jika mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, menolak tawaran dari Abramovich sebelum musim panas mendatang.

 Setelah kalah, Di Matteo mendapat pertanyaan, apakah adil jika dia dipecat setelah musim lalu berjasa membawa Chelsea memenangi Liga Champions untuk pertama kalinya. Pelatih asal Italia itu lantas menjawab, "Saya adalah orang yang salah untuk menjawab pertanyaan itu."

 Abramovich sudah lama mengincar Guardiola sebagai pengganti Di Matteo. Tapi, jika mantan pelatih Barcelona tersebut tetap mau beristirahat sampai akhir musim kompetisi sekarang, miliarder dari Rusia itu diperkirakan bakal meminta Benitez untuk mengambil alih pekerjaan manajer sampai musim 2012/2013 ini rampung.

 Jika Abramovich gagal meyakinkan Benitez, ia bisa beralih kepada mantan manajer timnya dari Israel, Avram Grant, untuk menjadi manajer sementara lagi. Grant, yang berkawan baik dengan bos besar Chelsea itu, mampu membawa The Blues menembus final Liga Champions 2007/2008 dan hanya kalah adu penalti oleh Manchester United di Moskow.

 Adapun Benitez masih menganggur sejak kehilangan posisinya sebagai pelatih di Inter Milan pada 2010. Tapi, ia tetap menjadi salah satu pelatih yang paling diminati oleh klub-klub besar di Eropa saat ini. Tapi, musim lalu, pelatih berusia 52 tahun tersebut sudah menolak tawaran jangka pendek untuk menangani The Blues.

 Situs Goal.com mengatakan, berdasarkan keterangan seorang sumber terdekat dari Guardiola, pelatih dari Spanyol berusia 41 tahun yang sedang berlibur di New York, Amerika Serikat, itu tidak akan menerima tawaran dari Chelsea.

 Menurut sumber itu, Guardiola masih menikmati waktunya bersama keluarga dan merasa terlalu dini untuk kembali ke lapangan. Ia juga dikabarkan tak bakal mau menerima tawaran jangka pendek dari klub yang mau meminangnya.

 Jika kabar penolakan Guardiola itu benar, favorit untuk mengambil alih posisi Manajer Chelsea dari tangan Di Matteo adalah Benitez; pelatih kawakan dari Inggris, Harry Redknapp; dan mantan pelatih tim nasional Prancis, Laurent Blanc.

 GUARDIAN | TELEGRAPH | GOAL.COM | PRASETYO


09.55 | 0 komentar | Read More

Hasil Pertandingan Liga Champions Rabu Dini Hari

Written By prayudi syamsa on Rabu, 21 November 2012 | 09.55

Rabu, 21 November 2012 | 05:07 WIB

TEMPO.CO, Zurich - 16 tim dari empat grup berbeda telah selesai melakoni matchday kelima Liga Champions yang digelar Rabu dini hari 21 November 2012. Beberapa tim besar berhasil memastikan langkah mereka menuju babak selanjutnya. Namun ada beberapa tim besar yang terpaksa pulang dengan tangan hampa.

Barca sukses melaju ke babak 16 besar usai menekuk tuan rumah Spartak Moskow dengan skor 3-0. Finalis musim lalu, Bayern Muenchen, juga memastikan diri lolos meski hanya bermain imbang dengan Valencia.

Sementara itu Juventus berhasil menekuk juara bertahan Chelsea dengan skor telak 3-0. Manchester United, yang menurunkan pemain lapis kedua karena sudah memastikan diri lolos, harus takluk 1-0 dari Galatasaray.

Berikut hasil lengkap pertandingan Liga Champions:

Grup E
Nordsjaelland (Nordstrand 24, Lorentzen 29) 2 - 5 Shaktar Donetsk (Adriano 26, 53, 81, Willian 44, 50)

Juventus (Quagliarella 38, Vidal 61, Giovinco 90) 3 - 0 Chelsea

Grup F
Bate 0 - 2 Lille (Sidibe 14, Bruno 31')

Valencia (Feghouli 77) 1 - 1 Bayern Muenchen (Muller 82)

Grup G
Spartak Moskow 0 - 3 Barcelona (Alves 16, Messi 27, 39)

Benfica (John 7, Garay 71) 2 - 1 Celtic (Samaras 32)

Grup H
Galatasaray  (Yilmaz 53') 1 - 0 Manchester United

CFR Cluj (Rui Pedro 7, 15, 33) 3 - 1 Braga (Alan 17)

UEFA | ANTONIUS WISHNU


09.55 | 0 komentar | Read More

Di Matteo: Chelsea Tetap Bisa Lolos

Rabu, 21 November 2012 | 07:55 WIB

TEMPO.CO, Turin - Kekalahan dari Juventus kian memperkecil peluang Chelsea untuk lolos dari penyisihan fase grup Liga Champions. Namun, pelatih Chelsea, Roberto Di Matteo, tetap yakin Frank Lampard dan kawan-kawan mampu melaju ke babak 16 besar.

Bertandang ke Juventus Arena, markas Juventus, Chelsea cuma membutuhkan sekali kemenangan untuk meraih tiket ke babak 16 besar. Namun, ternyata, Chelsea tak mampu melakukannya. Sang juara bertahan ini takluk tiga gol tanpa balas.

Raihan negatif ini tentunya semakin mempersulit posisi Chelsea. Apalagi, Shakhtar Donetsk sudah memastikan diri melaju ke fase selanjutnya usai membungkam Nodrsjaelland 5-2. Kesempatan Chelsea untuk lolos ditentukan pada laga terakhir.

Dengan kondisi ini banyak pihak beranggapan Chelsea tengah di dalam tekanan. Namun Di Matteo menampiknya. "Kami mempunyai harapan untuk lolos," kata pria asal Italia ini, Rabu, 21 November 2012. "Secara hitung-hitungan masih ada kemungkinan."

Chelsea bisa memperpanjang nafasnya di Liga Champions bila mampu mengalahkan Nordsjaelland di Stamford Bridge, Kamis, pada 2 Desember mendatang. Sembari berharap, di pertandingan lainnya, Juventus menelan kekalahan dari Donetsk.

Posisi Chelsea di klasemen sementara Grup E, turun satu tingkat ke nomor tiga. Klub berjulukan The Blues ini terpaut dua angka dari Juventus yang sudah mengumpulkan nilai sembilan. Sementara dengan Donetsk, klub asal Inggris ini tertinggal tiga poin.

FOOTBALL ITALIA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Tiket Piala AFF Suzuki Dibanderol Rp 94 Ribu 
Galatasaray: Manchester United, Welcome to Hell 
Timnas Dijamu Dubes RI
Piala AFF, Indonesia Sudah Telan 13 Kekalahan 
Messi Penyerang Terbaik Versi IFFHS


09.55 | 0 komentar | Read More

Juventus Menang karena Chelsea Salah Taktik  

Pesepakbola Juventus Arturo Vidal merayakan gol setelah membobol gawang Chelsea dalam pertandingan Liga Champions di stadion Juventus, Turin, Italia, Selasa (20/11). REUTERS/Alessandro Garofalo

Rabu, 21 November 2012 | 08:44 WIB

TEMPO.CO, Turin - Juventus berhasil menjungkalkan Chelsea 3-0 di Juventus Arena pada lanjutan Liga Champions, Rabu, 21 November 2012. Kemenangan Juventus ini tidak lepas dari kesalahan taktik yang dipakai pelatih Chelsea, Roberto Di Matteo.

Pada pertandingan krusial ini, Di Matteo membangkucadangkan Fernando Torres. Alhasil, lini depan The Blues--sebutan Chelsea--seperti "macan ompong". Eden Hazard, yang mengisi tempat Torres, tidak mampu melakukan tugasnya dengan baik.

"Malam ini, kami menghadapi Chelsea yang tidak mempunyai referensi pada sektor penyerangan," tutur asisten pelatih Juventus, Angelo Alessio, setelah pertandingan. "Mungkin, hal itu yang telah membantu kami pada malam ini."

Melihat kondisi itu, Alessio mengatakan, skuadnya memaksimalkan kesempatan itu dengan baik. "Kami memperagakan permainan tempo tinggi, menekan dan mengurung Chelsea di daerah pertahanannya," tutur bekas pemain tengah Juventus dan Bologna ini.

Dengan tambahan tiga angka ini, Juventus naik satu peringkat ke posisi kedua dengan menggusur Chelsea. Kini, Juventus sudah mengumpulkan sembilan poin. Peluang La Vecchia Signora--julukan Juventus--untuk ke babak 16 besar kian terbuka.

Pada pertandingan terakhir, Juventus cuma perlu bermain imbang dengan Shakhtar Donetsk, yang lebih dulu lolos dari Grup E. Bila kalah, sementara di tempat lainnya Chelsea berhasil mengalahkan Nordsjaelland, Juventus harus angkat koper.

FOOTBALL ITALIA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Tiket Piala AFF Suzuki Dibanderol Rp 94 Ribu
Timnas Dijamu Dubes RI
Galatasaray: Manchester United, Welcome to Hell
Piala AFF, Indonesia Sudah Telan 13 Kekalahan
Messi Antar Barca Melaju ke Babak 16 Besar


09.55 | 0 komentar | Read More

Di Matteo Optimistis Chelsea Taklukkan Juventus

Written By prayudi syamsa on Selasa, 20 November 2012 | 09.55

Selasa, 20 November 2012 | 08:18 WIB

TEMPO.CO, London - Chelsea akan melakoni laga krusial kontra Juventus di Juventus Arena, Rabu, 21 November 2012. Di pertandingan kelima fase Grup E Liga Champions ini, pelatih Chelsea, Roberto Di Matteo, optimistis timnya bisa meraih tiga poin dari Juventus.

"Saya yakin, kami bakal menang," kata juru taktik berkepala plontos ini kepada para wartawan, Selasa, 20 November 2012. "Saya mempunyai tim yang bagus, dan kami menyadari kami harus memainkan pertandingan yang luar biasa."

Di Matteo mengungkapkan, ia sudah mempunyai strategi khusus untuk mengalahkan Juventus. "Kami hanya ingin menciptakan masalah buat mereka. Menyerang dan bertahan adalah cara yang bisa kami lakukan," ujar manajer 42 tahun itu.

Chelsea memang tengah duduk di puncak klasemen sementara Grup E dengan nilai tujuh. Hanya, Chelsea cuma unggul selisih gol dari Shakhtar Donetsk. Adapun Juventus berada di nomor ketiga, hanya terpaut satu poin dari kedua tim itu.

Otomatis, John Terry dan kawan-kawan wajib mengalahkan Juventus. Bila kalah, peluang Chelsea untuk lolos ke babak selanjutnya kian bertambah berat. Apalagi jika Shakhtar sukses mempecundangi Nordsjaelland di depan pendukungnya sendiri.

Setelah menghadapi Juventus, Chelsea akan menjamu Nordsjaelland di Stamford Bridge pada 6 Desember. Sedangkan La Vecchia Signora--sebutan Juventus--melakukan lawatan ke Ukraina untuk menghadapi Shakhtar di Donbas Arena.

FOOTBALL ITALIA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Empat Final Piala AFF, Indonesia Gagal Juara
Jadwal Pertandingan Piala AFF Suzuki 2012
Van Beukering dan Cusell Kecapekan
Pertahanan Chelsea Buruk, Cech Marah Besar
Piala AFF, Indonesia Sudah Raih 24 Kemenangan


09.55 | 0 komentar | Read More

Tiket Piala AFF Suzuki Dibanderol Rp 94 Ribu  

Selasa, 20 November 2012 | 08:45 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Harga tiket untuk menyaksikan pertandingan sepak bola Piala AFF Suzuki 2012 di Stadion Bukit Jalil dan Stadion Shah Alam sebesar 30 ringgit atau sekitar Rp 94 ribu bagi dewasa dan 10 ringgit atau sekitar Rp 31 ribu untuk anak-anak.

Demikian pengumuman resmi panitia. Selain itu, panitia memberitahukan bahwa penjualan tiket akan dibuka di counter resmi di depan stadion sejak dua hari menjelang pertandingan.

Adapun antisipasi jika Malaysia maju ke babak semifinal dan final, harga tiket juga telah ditetapkan panitia. "Sekiranya Malaysia maju ke babak selanjutnya, maka harga tiket bagi dewasa adalah 40 ringgit atau Rp 125 ribu untuk semifinal dan 50 ringgit atau sekitar Rp 157 ribu untuk final. Sedangkan untuk anak-anak, harga tiket tetap 10 ringgit," kata panitia penyelenggara dalam rilisnya, Selasa, 20 November 2012.

Timnas Indonesia yang tergabung dalam Grup B bersama tuan rumah Malaysia, Singapura, serta Laos akan memulai babak penyisihan grup pada Ahad, 25 November 2012. Bambang Pamungkas dan kawan-kawan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur besok, Rabu, 21 November 2012.

MASRUR (KUALA LUMPUR)

Terpopuler:
Empat Final Piala AFF, Indonesia Gagal Juara
Van Beukering dan Cusell Kecapekan
Jadwal Pertandingan Piala AFF Suzuki 2012
Pertahanan Chelsea Buruk, Cech Marah Besar
Piala AFF, Indonesia Sudah Raih 24 Kemenangan
Jelang Piala AFF, Beukering Diminta Kuruskan Badan


09.55 | 0 komentar | Read More

Kekalahan dari Madrid, Masih Menghantui City  

Selasa, 20 November 2012 | 09:14 WIB

TEMPO.CO, Manchester - Bayang-bayang kekalahan dari Real Madrid masih menghantui para pemain Manchester City. Padahal, Kamis nanti, 22 November 2012, City akan menjalani pertandingan hidup dan mati dengan menghadapi Madrid di Etihad Stadium.

"Ini mengejutkan karena kami unggul 2-1 di menit ke-87, namun pulang ke rumah dengan kekalahan," kata gelandang City, David Silva kepada AS, Selasa, 20 November 2012. "Ini sangat disayangkan karena terjadi di menit-menit akhir."

Di babak pertama, Madrid dan City bermain tanpa gol. Namun selepas jeda, City mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Edin Dzeko. Padahal, sepanjang pertandingan, City mendapatkan gempuran bertubi-tubi dari para pemain Madrid.

Tapi keunggulan itu tak bertahan lama, karena Madrid berhasil menyamakan kedudukan. Tiga menit jelang akhir pertandingan, City kembali unggul. Namun, kemenangan itu sirna setelah Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema mencetak gol.

Silva mengatakan, bila City berhasil mengalahkan Madrid, timnya akan mendapatkan suntikan moral yang besar. "Kemenangan bakal memberikan kami mentalitas yang berbeda," ucap pria bernama lengkap David Josue Jiménez Silva itu.

Kekalahan dari Madrid, telah menjatuhkan mental para pemain City. Akibatnya, permainan City merosot tajam. Vincent Kompany dan kawan-kawan cuma berhasil meraih dua poin dari tiga pertandingan. City kini berada di dasar klasemen sementara.

Soal laga nanti, Silva mengatakan timnya tidak mematok target tinggi. Terpenting, City bermain dengan nyaman dan bagus. "Itu akan membantu kami," katanya. "Jika memenuhi syarat itu, ini akan memberikan kami lompatan dalam kualitas."

FOOTBALL ESPANA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Empat Final Piala AFF, Indonesia Gagal Juara 
Van Beukering dan Cusell Kecapekan 
Jadwal Pertandingan Piala AFF Suzuki 2012 
Pertahanan Chelsea Buruk, Cech Marah Besar
Piala AFF, Indonesia Sudah Raih 24 Kemenangan  


09.55 | 0 komentar | Read More

Arsenal Tak Akan Lepas Walcott di Januari

Written By prayudi syamsa on Senin, 19 November 2012 | 09.55

Senin, 19 November 2012 | 07:19 WIB

TEMPO.CO, London - Masa depan Theo Walcott bersama Arsenal akan berakhir pada musim panas mendatang. Namun, sampai saat ini, winger tim nasional Inggris itu tak juga mau menandatangani kontrak baru yang sudah disodorkan Arsenal.

Walcott menolak menandatangani kontrak barunya lantaran tidak puas dengan gaji yang ditawarkan Arsenal. The Gunners menyodorkan upah sebesar 75 ribu poundsterling atau setara Rp 1,1 miliar setiap pekannya. Namun bagi Walcott nominal itu terlalu kecil. Sebab, ia sudah membela Arsenal selama enam musim.

Situasi ini pun coba dimanfaatkan oleh sejumlah klub. Tim-tim besar seperti Liverpool dan Juventus sudah mengambil ancang-ancang untuk merekrut Walcott pada bursa jual-beli pemain Januari mendatang. Tak ingin pemain kesayangannya hengkang, pelatih Arsenal, Arsene Wenger, langsung mengambil sebuah tindakan.

Wenger menegaskan Arsenal tidak akan melepas Walcott meski hingga saat ini klubnya belum juga bisa mencapai kesepakatan dengan pemain jebolan akademi Southampton itu. "Tidak," ujarnya, Senin, 19 November 2012. Kendati begitu, Wenger mengatakan, ada kemungkinan, Walcott hengkang pada Juni mendatang.

Permasalahan yang terjadi antara  Arsenal dan Walcott membuat Jack Wilshere buka suara. Wilshere berharap Arsenal bisa mempertahankan Walcott. Soalnya, Wilshere menilai, rekan setimnya itu merupakan salah satu pemain penting Arsenal. Selain itu, ia juga tidak ingin melihat para pemain bintang terus keluar.

"Dia adalah pemain muda Inggris dan punya pengaruh luar biasa di kamar ganti pemain. Kami juga tahu apa yang Walcott berikan kepadan tim, dia mempunyai kecepatan," ujar rekan sekompatriot Walcott ini. Arsenal masih mempunyai waktu untuk menyelesaikan persoalan mereka dengan Walcott hingga April mendatang.

SKY SPORTS | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Tsubasa Seperti Messi, Hyuga itu Ronaldo
Gol-gol Firaun Kecil Jadi Napas Milan 
Brasil Juara Piala Dunia Futsal 2012 
Adebayor Mengaku Jadi Pahlawan dan Penjahat
Arbeloa: Ronaldo Bahagia di Madrid  


09.55 | 0 komentar | Read More

Presiden Inter Milan Kecam Wasit Giacomelli  

Senin, 19 November 2012 | 08:05 WIB

TEMPO.CO, Milan - Inter Milan akhirnya buka suara setelah sempat melakukan aksi tutup mulut selepas pertandingan melawan Cagliari di Giuseppe Meazza, Minggu lalu. Presiden Inter, Massimo Moratti, mengungkapkan aksi itu merupakan sebuah bentuk protes atas kepemimpinan wasit Piero Giacomelli.

Soalnya, Giacomelli tidak memberikan Inter hadiah penalti meskipun Andrea Ranocchia dilanggar Davide Astori. "Saya tidak menyukai sikap wasit dan hari ini mereka menghentikan kami meraih hasil," katanya kepada Mediaset Premium, Senin, 19 November 2012. Laga ini pun berkesudahan dengan skor imbang 2-2.

Moratti mengatakan, ini bukanlah yang pertama kalinya Inter tak diperlakukan adil oleh wasit. "Untuk tiga pertandingan terakhir, kami dihukum. Untungnya, kami menang di Turin berkat karunia Tuhan," ujar pria yang telah mengucurkan dana 600 juta euro selama 17 musim memimpin Inter ini.

Namun, Moratti menolak anggapan adanya konspirasi untuk menjatuhkan Inter. Menurut Moratti, kualitas Giacomelli memang tidak bagus. "Tidak ada rencana untuk melawan kami. Hanya saja wasit tak bisa melakukan tugasnya dengan baik," ujar pengusaha minyak asal Italia ini. "Jika terjadi, itu akan lebih bodoh."

Pada kesempatan ini, Moratti juga menyindir para pengamat sepak bola Italia. "Saya jengkel dengan para pengamat tertentu yang mencoba untuk menyelamatkan muka dengan mengatakan itu bukan penalti," tutur pria 67 tahun ini. "Tapi kalau ini bukan penalti, maka saya tidak tahu itu apa."

Atas hasil seri ini, Inter gagal memangkas jarak dengan pemuncak klasemen sementara Seri-A Liga Italia, Juventus. Padahal, tim asuhan Antonio Conte itu ditahan imbang oleh tamunya, Lazio, di Juventus Arena. Inter kini tetap berada di posisi kedua dengan nilai 28, terpaut empat angka dari klub asal Kota Turin itu.

FOOTBALL ITALIA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Tsubasa Seperti Messi, Hyuga itu Ronaldo
Gol-gol Firaun Kecil Jadi Napas Milan 
Brasil Juara Piala Dunia Futsal 2012 
Adebayor Mengaku Jadi Pahlawan dan Penjahat
Arbeloa: Ronaldo Bahagia di Madrid  


09.55 | 0 komentar | Read More

Meski Menang, Pelatih Atletico Tak Puas

Senin, 19 November 2012 | 08:45 WIB

TEMPO.CO, Granada - Atletico Madrid sukses mengalahkan tuan rumah Granada 1-0  di Estadio Nuevo Los Carmenes dalam lanjutan Primera La Liga Spanyol, Senin 19 November 2012 dini hari. Kendati begitu pelatih Atletico, Diego Simeone, tak puas dengan performa anak asuhnya.

Menurut Simeone, penampilan skuadnya khususnya di paruh pertama, begitu mengecewakan. "Kami tahu apa yang terjadi di babak pertama dan kami tidak bisa mengontrol mereka," tuturnya usai laga. "Granada bermain luar biasa di 45 menit awal dengan agresif, intensitas dan kesempatan."

Sepanjang babak pertama, Atletico kalah dalam penguasaan bola sehingga Radamel Falcao dan kawan-kawan kerap mendapatkan serangan bertubi-tubi dari Granada. Untungnya, serbuan ke gawang yang dilancarkan Guillherme Siqueira dan Youssef El-Arabi mampu dipatahkan oleh Thibaut Courtois, penjaga gawang Atletico.

Selepas turun minum, kondisi belum juga berubah. Atletico masih kalah dalam penguasaan bola. Meski demikian, Atletico justru mampu mencuri gol lewat Arda Turan. Pemain internasional Turki ini mengoyak jala Granada lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan mendatar dari Koke.

"Di babak kedua, kami tahu apa yang harus dilakukan," ucap Simeone. Juru taktik berpaspor Argentina ini juga tak lupa memberikan sanjungan kepada Koke dan Turan. "Koke dan Turan adalah pemain yang mempunyai kualitas nyata dan mereka mengeluarkan kami dari bahaya," ujar mantan gelandang Inter Milan ini.

Kemenangan ini membuat Atletico tetap dekat dengan pemuncak klasemen sementara La Liga, Barcelona. Klub berjuluk Los Rojiblancos ini masih terpaut tiga poin dari Barcelona, yang sudah mengumpulkan 34 poin dari 12 pertandingan. Adapun di tempat ketiga dihuni oleh sang juara bertahan, Real Madrid.

FOOTBALL ITALIA | SINGGIH SOARES TONCE

Berita Terpopuler:
Tsubasa Seperti Messi, Hyuga itu Ronaldo
Gol-gol Firaun Kecil Jadi Napas Milan
Brasil Juara Piala Dunia Futsal 2012
Adebayor Mengaku Jadi Pahlawan dan Penjahat
Arbeloa: Ronaldo Bahagia di Madrid


09.55 | 0 komentar | Read More

Juve Ditahan Lazio 0-0

Written By prayudi syamsa on Minggu, 18 November 2012 | 09.55

Pesepakbola Juventus Arturo Vidal merayakan gol setelah berhasil membobol gawang Pescara dalam laga Serie A di stadion Adriatico, Pescara, Italia, Sabtu (10/11). REUTERS/Giampiero Sposito

Minggu, 18 November 2012 | 02:26 WIB

TEMPO.CO, Roma – Laju Juventus di pacuan scudetto musim ini kembali terhambat setelah ditahan imbang 0-0 oleh tamunya, Lazio, di Juventus Stadium, Minggu dini hari WIB.

Ini hasil seri tanpa gol pertama yang dicatat I Biancocelesti dalam 34 giornata terakhir dan mereka harus berterima kasih kepada kiper Federico Marchetti yang bermain gemilang di bawah mistar untuk mementahkan serangan-serangan Juventus.

Terlepas dari hasil imbang ini Juventus tetap kokoh di puncak klasemen sementara Serie A dengan 32 poin dari 13 pertandingan, unggul 5 poin atas tim peringkat kedua, Inter Milan, yang akan bermain melawan Cagliari malam nanti.

Juventus menyambut Lazio tanpa Andrea Pirlo yang terganjal sanksi dan posisinya diisi oleh Paul Pogba sementara Mirko Vucinic tak bisa tampil lantaran menderita sakit flu. Di pihak lain, Lazio tak diperkuat Stefano Mauri dan Senad Lulic yang terkena sanksi.

Juventus mendominasi sepanjang pertandingan, tapi mereka tak mampu memanfaatkan peluang-peluang yang diperoleh lantaran kecemerlangan Marchetti di bawah mistar Lazio.

Salah satu aksi penyelamatan Marchetti yang istimewa adalah di sekitar menit ke-60 saat ia menepis bola tembakan jarak jauh Arturo Vidal yang sempat berbelok arah lantaran membentur Fabio Quagliarella.

Marchetti akhirnya berhasil ditaklukkan di menit ke-75 oleh Leonardo Bonucci, tapi tendangannya menghantam mistar.

Kiper Lazio itu juga berhasil menghalau bola tendangan Claudio Marchisio dari garis gawang dengan satu tangan.

FOOTBALL-ITALIA | A. RIJAL


09.55 | 0 komentar | Read More

MU Tumbang di Kandang Norwich

Minggu, 18 November 2012 | 02:55 WIB

TEMPO.CO, London - Manchester United dipaksa menyerah 1-0 oleh tuan rumah Norwich City dalam laga Premier League di Carrow Road, Minggu dini hari WIB.

Ini kekalahan ketiga yang ditelan Setan Merah di Pemier League musim ini sekaligus yang pertama sejak 29 September dan hasil ini mengakhiri rentetan kemenangan yang mereka raih dalam lima laga sebelumnya.

Kekalahan ini juga membuat MU tergeser dari puncak klasemen sementara oleh juara bertahan sekaligus rival sekota, Manchester City, yang dalam laga sebelumnya membantai Aston Villa 5-0 di Etihad Stadium.

MU tak diperkuat Wayne Rooney yang cedera, tapi penyumbang gol terbanyak bagi klub itu musim ini, Robin van Persie, tampil kembali setelah puliha dari cedera paha yang membuatnya tak bisa membela Belanda dalam laga uji coba lawan Jerman Rabu lalu.

Meski begitu, MU tetap menunjukkan penampilan yang dominan sejak awal pertandingan dengan lebih banyak menguasai bola.

Tapi, memasuki pertengahan babak kedua, Norwich mulai berbalik menekan dan upaya ini membuahkan gol di menit ke-60 saat Wesley Hoolahan melepaskan umpan silang yang disambar dengan sundulan oleh Anthony Pilkington yang merupakan bekas pemain akademi MU.

MU meningkatkan tekanan di sepanjang sisa pertandingan dalam upaya mencari gol penyeimbang, tapi dari sejumlah peluang yang diperoleh, tak satu pun membuahkan hasil.

MU merupakan tim besar kedua yang menjadi korban di kandang Norwich musim ini setelah Arsenal yang dihajar dengan skor yang sama pada 20 Oktober.

REUTERS | A. RIJAL


09.55 | 0 komentar | Read More

Barca Menang Lagi, Messi Dekati Rekor Mueller

Pesepakbola Barcelona Lionel Messi (kanan) merayakan gol bersama rekan satu timnya Jordi Alba setelah berhasil membobol gawang Rayo Vallecano dalam pertandingan Liga Spanyol di Madrid, Sabtu (27/10). REUTERS/Sergio Perez

Minggu, 18 November 2012 | 04:33 WIB

TEMPO.CO, Madrid - Barcelona memperbesar keunggulan di puncak klasemen sementara La Liga menjadi 6 poin setelah menekuk tim tamu, Real Zaragoza, 3-1, di Nou Camp, Minggu dini hari WIB. Ini kemenangan ke-11 yang dicatat Barca dari 12 laga pertama di la Liga musim ini sementara satu laga lainnya berakhir imbang. Catatan ini menyamai rekor start terbaik di La Liga sepanjang masa yang dibuat Real Madrid di musim 1991/92.

Lionel Messi kembali menjadi bintang dengan menyumbang dua gol dan satu assist dalam pertandingan ini. Kedua gol ini memantapkan pemain asal Argentina itu di puncak daftar Pichichi sementara dengan 17 gol. Ini juga merupakan double ketujuh yang dibuat La Pulga sepanjang musim ini.

Messi membukukan gol pertamanya dalam pertandingan ini di menit ke-16 saat ia menerima operan dari  Jordi Alba dan menendang bola ke pojok bawah gawang Zaragoza.

Zaragoza sempat menyamakan kedudukan delapan menit kemudian saat tembakan Francisco Montanes berbelok masuk ke gawang Victor Valdes setelah membentur Carles Puyol, yang kembali tampil setelah sempat absen dalam beberapa pertandingan sebelumnya lantaran cedera.

Tapi, Alexandre Song yang dibeli dari Arsenal musim panas lalu mencetak gol pertamanya buat Barca dengan menyambar umpan Messi di menit ke-28 untuk memulihkan keunggulan tuan rumah.

Pemain terbaik di dunia itu kemudian mencetak gol keduanya di menit ke-60 dengan sebuah tembakan melengkung dari luar kotak penalti untuk memastikan kemenangan Barca.

Itu adalah golnya yang ke-78 yang ia cetak sepanjang 2012, 66 untuk Barca dan 12 untuk timnas Argentina. Catatan itu membawanya semakin dekat dengan rekor Gerd Mueller sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender dengan koleksi 85 gol yang ia buat untuk Bayern Muenchen dan Jerman Barat pada 1972.

REUTERS | A. RIJAL


09.55 | 0 komentar | Read More

Pekan Terberat Nyonya Tua

Written By prayudi syamsa on Sabtu, 17 November 2012 | 09.55

Sabtu, 17 November 2012 | 06:26 WIB

TEMPO.CO , Turin: Hari ini akan mengawali tujuh hari terberat yang harus dihadapi Juventus pada musim ini. Skuad Bianconeri harus menghadapi tiga tim hebat, yakni Lazio dan AC Milan, dalam lanjutan Seri A Liga Italia, serta raksasa Inggris, Chelsea, di babak penyisihan Grup E Liga Champions.

"Tiga pertandingan ini sangat menentukan buat kami, baik itu di Seri A maupun Liga Champions. Kami tidak boleh gagal dalam satu pertandingan pun karena bisa berdampak pada mental pemain," kata pemain depan Juventus, Mirko Vicinic. "Ini akan menjadi pekan yang sangat panjang sehingga kami tak boleh lengah."

Lazio akan menjadi ujian pertama mereka. Pasukan Biancocelesti—julukan Lazio—akan menantang mereka di Juventus Stadium, dinihari nanti. Lazio datang dengan rasa percaya diri tinggi setelah pekan lalu sukses menekuk AS Roma 3-2.

Langkah Lazio makin mantap setelah pemain depan andalan mereka, Miroslav Klose, dipastikan telah sembuh dari flu dan bisa bermain. Ia sebelumnya absen saat tim nasional Jerman menggelar uji coba melawan Belanda. Kamis lalu, ia telah berlatih bersama pemain lain di Formello.

Gelandang Lazio, Hernanes, mengungkapkan rasa percaya dirinya membekuk Juventus. "Dua pekan lalu saya bilang mustahil datang dan mengalahkan Juventus di kandang mereka," katanya. "Tapi, jika Inter Milan bisa melakukannya, kami pun seharusnya bisa."

Caranya, kata dia, dengan menekan pertahanan Juventus selama mungkin dan menguasai lini tengah mereka, persis seperti taktik yang dimainkan Inter Milan. "Kami harus meniru Inter, yaitu menyerang mereka sejak awal. Akan sulit, tentu saja, tapi ini layak dicoba."

Hernanes rupanya cukup jeli. Saat menjamu Lazio nanti, Juventus memang tak bisa menurunkan Andrea Pirlo akibat akumulasi kartu yang didapatnya saat mencukur Pescara 6-1. Tanpa Pirlo, serangan Juventus ada kemungkinan akan monoton. Bagaimanapun, Pirlo adalah inspirasi serangan Juventus.

Namun, untungnya, absennya Pirlo diikuti kembalinya Simone Pepe. Gelandang tersebut dikabarkan telah pulih dari cedera panjang dan siap diturunkan dalam laga ini. Simone berperan penting saat Juve meraih Scudetto musim lalu. Ia menyumbangkan 6 gol, sehingga kehadirannya akan menambah daya dobrak Juventus.

Juve juga "dibela" sejarah. Hasil pertemuan terakhir kedua tim berpihak kepada mereka. Dari 39 pertemuan terakhir kedua tim, Juventus memenangi 18 pertandingan, 9 kali seri, dan 12 kali kalah. Bahkan pertemuan terakhir kedua tim dimenangi Juventus dengan skor 2-1. Saat ini pun Juventus masih digdaya sebagai pemuncak klasemen dengan 31 poin. Sementara Lazio menempati peringkat kelima dengan 22 poin.

Namun bukan tak mungkin mengalahkan Juve di depan publik mereka sendiri. Apalagi konsentrasi pasukan berkostum zebra ini sedang terbelah karena harus menghadapi dua tim berat berikutnya: Chelsea dan AC Milan.

Prediksi Susunan Pemain Kedua Tim
Juventus (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Pepe, Vidal, Pogba, Marchisio, Asamoah; Quagliarella, Giovinco

Lazio (4-5-1): Marchetti; Konko, Biava, Dias, Lulic; Candreva, Hernanes, Ledesma, Gonzalez, Cana; Klose

LA GAZZETTA DELLO SPORT | GOAL | DWI RIYANTO AGUSTIAR

Berita lain:
Galliani Bantah Bertikai dengan Allegri
Niang Siap Yakinkan Pelatih Milan 
Legenda Milan Sebut Cassano Banyak Omong 
Inzhagi: Pazzini Bakal Cetak 20 Gol
Wenger Tetap Percaya dengan Kualitas Bendtner


09.55 | 0 komentar | Read More

Barca Tunggu Tekanan dari Madrid

Sabtu, 17 November 2012 | 06:01 WIB

TEMPO.CO , Barcelona: Persaingan La Liga Spanyol musim ini tak seseru sebelumnya. Hingga pekan ke-11, Barcelona masih terus unggul 8 poin dari Real Madrid, tim juara bertahan yang selalu menjadi pesaing utama dalam perebutan gelar juara.

Dalam situasi itu, Barca justru berharap Madrid akan tampil lebih baik dan terus menang. Hal tersebut dikemukakan Cesc Fabregas, gelandang Barca. "Kami ingin Madrid menang, karena hal itu akan mendorong kami bermain lebih baik lagi. Karena alasan itu, kami harus memenangi semua laga bila ingin juara," kata pemain berusia 25 tahun tersebut.

Barca sejauh ini belum terkalahkan dan baru sekali ditahan seri oleh lawan, yakni Madrid. Pada saat yang sama, Madrid sendiri sudah sempat dua kali ditekuk lawan dan dua kali bermain seri.

Malam ini, persaingan kedua tim akan kembali bergulir. Barca akan menjamu Real Zaragoza, tim urutan ke-11 klasemen. Sedangkan Madrid akan menghadapi Athletic Bilbao, penghuni urutan ke-12, di Santiago Bernabeu.

Untuk bisa menjaga kesempurnaannya, Barca harus mengatasi dua masalah sekaligus, yakni "virus FIFA" dan masalah cedera pemain. Virus FIFA merupakan idiom sepak bola yang merujuk pada turunnya performa atau kebugaran pemain setelah membela tim nasional. Nah, pada pertengahan minggu ini, justru ada 14 pemain Barca yang membela tim nasional masing-masing. Pelatih Tito Vilanova pun harus pandai-pandai merotasi pemain dalam timnya.

Virus FIFA itu juga menjelma dalam bentuk cedera pemain. Barca dipastikan kehilangan pemain sayapnya, Alexis Sanchez, karena cedera. Pemain itu harus absen selama empat minggu setelah mengalami masalah lutut saat membela Cile, yang ditekuk Serbia 1-3, dalam laga uji coba pada Rabu lalu.

Cederanya Sanchez merupakan pukulan baru bagi Vilanova, yang pada awal musim ini terus diganggu cedera pemain di sektor belakang timnya. Pelatih itu harus kehilangan Carles Puyol dan Gerard Pique nyaris sepanjang awal musim ini, sehingga harus terus mengubah posisi pemain, termasuk menempatkan Alex Song dan Sergio Busquets sebagai bek. Kini Pique sudah kembali dan Puyol juga sudah mulai berlatih. Sayangnya, cedera pemain beralih ke lini depan.

Selain Sanchez, Barca belum bisa menurunkan Busquets, yang terkena hukuman. Adriano, Eric Abidal, dan Thiago Alcantara belum pulih, sedangkan Song masih berpacu dengan waktu untuk mengatasi masalah cedera di punggungnya.

Untungnya, dengan skuad yang terus digerogoti masalah, Barca sejauh ini mampu menunjukkan kehebatannya. Saat melawan Zaragoza, Vilanova pun bisa lebih optimistis karena mereka selalu berhasil menang atas lawan yang sama dalam delapan pertemuan terakhir di berbagai kompetisi. Apalagi laga kali ini akan digelar di Camp Nou, tempat mereka memenangi 34 dari 38 laga terakhirnya.

Sementara itu, Madrid juga tak lepas dari masalah cedera pemain. Gonzalo Higuain belum bisa diturunkan, sehingga Jose Mourinho akan sangat berharap Karim Benzema bisa fit untuk laga ini.

Cristiano Ronaldo juga ada kemungkinan sudah bisa diturunkan dalam partai ini. Pemain asal Portugal itu sempat mengalami cedera parah saat Madrid mengalahkan tuan rumah Levante 2-1 dalam laga sebelumnya. CR7 mengalami luka robek di sekitar alis matanya bahkan sempat dikabarkan terganggu penglihatannya. Ia pun harus absen dari timnas Portugal yang menggelar uji coba melawan Gabon. Namun ia ternyata sudah kembali berlatih dengan tim pada Rabu lalu dan ada kemungkinan akan mampu tampil sebagai starter dalam laga ini.

Di tengah persaingan Barca dan Madrid, saat ini justru muncul satu tim lain yang terus tampil mengejutkan, yakni Atletico Madrid. Tim asuhan Diego Simeone itu kini hanya tertinggal tiga angka dari Barca dan sudah unggul lima poin dari Madrid. Tim itu juga memiliki Radamel Falcao, yang menjadi pesaing Lionel Messi (Barca) dan Ronaldo dalam perburuan posisi top scorer. Atletico baru akan berlaga di kandang Granada besok.

AP | REUTERS | NURDIN

Berita lain:
Manchester City Tak Berniat Rekrut Suarez 
Fakta-fakta Menarik Arsenal Vs Tottenham Hotspur
Faktor Ini Membuat Pelatih Timnas Tetap Optimistis
Diego Akhirnya Tak Dibawa ke Piala AFF  


09.55 | 0 komentar | Read More

Lawan Arsenal, Tottenham Berharap pada Adebayor

Sabtu, 17 November 2012 | 06:32 WIB

TEMPO.CO , London: Memainkan hati kembali menjadi salah satu senjata yang digunakan Andre Villas-Boas. Pekan lalu, saat Tottenham Hotspur bertarung melawan Manchester City, pelatih asal Portugal itu menurunkan striker asal Togo, Emmanuel Adebayor. Penyerang jangkung itu berhasil menggusur Jermaine Defoe, yang biasanya mendapat jatah starter.

Villas-Boas berharap motivasi Adebayor, yang pernah tergusur dari City, bisa membuat tim mengalahkan klub itu. Meski gagal—Spurs kalah 1-2 oleh City—guna menghadapi pertandingan Derby London, melawan Arsenal, Villas-Boas kembali memainkan hati Adebayor. Dia memang punya sejarah dengan Arsenal.

Adebayor merupakan salah satu bintang temuan Arsene Wenger, yang berhasil menggantikan sosok Nwanko Kanu. Namun, pada 2009, dia dijual ke Manchester City. Ternyata dia tidak terlalu menyukai kepindahannya itu.

Dalam pertandingan melawan Arsenal di Emirates, pada September 2009, Adebayor melakukan selebrasi di depan para pendukung Arsenal. Melawan Arsenal selalu menimbulkan motivasi buat dia. Saat membela Spurs, Adebayor selalu tampil bagus. Dua kali membela Spurs, ia selalu menyumbangkan gol, yakni saat mereka menang 2-1 dan kalah 2-5.

"Pertandingan ini sangat penting. Saya kira penting memainkan motivasi individu untuk menghadapinya. Itu sebabnya kami memasang Adebayor seperti yang kami lakukan saat melawan City pekan lalu," kata Villas-Boas.

Villas-Boas tengah berjudi. Masalahnya, kehadiran Adebayor, yang diharapkan memberikan perlawanan, bisa juga berbalik. "Memang bisa juga menimbulkan efek negatif buat tim," katanya. 

Dalam pertandingan yang akan digelar nanti malam di Emirates, Spurs kehilangan beberapa pemain penting, seperti Jermaine Defoe, Kyle Walker, dan Aaron Lennon, yang mengalami cedera hamstring.  Sedangkan pemain Belgia, Mousa Dembélé, dipastikan tidak bisa diturunkan menyusul cedera pinggang yang dideritanya.

Di kubu Arsenal, Manajer Arsene Wenger tengah dilingkupi kegembiraan. Dua pemainnya, Jack Wilshere dan Carl Jenkinson, tampil bersinar saat membela Inggris melawan Swedia. "Mereka berdua bermain dengan baik. Semoga bisa menjadi motivasi dalam pertandingan di Liga," katanya.

Namun sebaliknya, Wenger khawatir terhadap kebugaran Santiago Cazorla, yang Rabu lalu ikut membela Spanyol dalam pertandingan persahabatan melawan Panama. Apalagi, untuk menjalani laga itu, dia harus menempuh perjalanan selama 20 jam.

"Saya percaya dia tidak membutuhkan pertandingan itu. Dia malah sudah kelebihan bermain. Dia semestinya bisa punya waktu beristirahat." Wenger hanya berharap Cazorla bisa fit dalam pertandingan ini. 

Pertandingan Arsenal melawan Hotspur kali ini teramat istimewa karena bertepatan dengan peringatan 125 tahun pertemuan mereka. Saat itu Arsenal, yang baru terbentuk setahun sebelumnya, bertanding melawan Spurs—yang berdiri lima tahun sebelumnya. Pertemuan itu menjadi Derby London yang pertama. 

GUARDIAN| INDEPENDENT| DAILYMAIL| ARSENAL.COM| IRFAN

Berita lain:
Arthur Irawan Kagok di Latihan Pertama Timnas
Keputusan Unik Nilmaizar dalam Sesi Latihan Timnas
Timnas Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Diego
Ferguson: MU Tak Bergantung pada Van Persie
Raheem Sterling Minta Naik Gaji  


09.55 | 0 komentar | Read More

Milan Incar Dua Bek Madrid

Written By prayudi syamsa on Jumat, 16 November 2012 | 09.55

Jum''at, 16 November 2012 | 07:34 WIB

TEMPO.CO, Madrid - Klub raksasa Italia, AC Milan, tengah berjuang untuk memperbaiki performa buruk mereka di awal musim ini. Pelatih Massimiliano Allegri tampaknya membutuhkan amunisi baru untuk membawa perubahan di dalam timnya.

Saat ini Rossoneri menduduki peringkat 13 klasemen sementara Liga Italia Seri A. Barisan lini belakang tampaknya menjadi salah satu faktor kelemahan Milan. Gawang mereka sudah kebobolan 16 kali dalam 12 pertandingan.

Menjelang bursa transfer Januari, Milan tampak sudah melakukan ancang-ancang untuk mendatangkan pemain baru. Salah satu media Spanyol AS mengabarkan Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani, berada di Madrid pada 15 November 2012. Galliani dikabarkan tengah melakukan pembicaraan untuk mendapatkan dua bek Real Madrid, Ricardo Carvalho dan Raul Albiol.

Pelatih Madrid Jose Mourinho sudah memberikan lampu hijau kepada Carvalho untuk hengkang sejak akhir musim lalu. Mantan bek Chelsea itu akan habis kontrak pada Juni 2013. Pemain asal Portugal itu sudah tak menjadi pilihan utama Mourinho.

Sementara itu, Albiol dikabarkan siap dilepas Madrid dengan biaya sebesar 9 juta Euro. Pemain tim nasional Spanyol itu jarang mendapat kesempatan tampil, karena harus bersaing dengan Sergio Ramos, Pepe, dan bek muda Raphael Varane.

FOTI | FOES | ANTONIUS WISHNU

Berita terpopuler:
Terlambat, Firman Utina Cs Tak Bisa Ikut Timnas 
Timnas Gelar Gala Dinner untuk Gali Dana 
Ibra Cetak Empat Gol, Swedia Bekuk Inggris 4-2
Pique: Ronaldo Hebat, Messi dari Planet Lain
Meski Tak Digaji, Pemain Bertahan di PSM 


09.55 | 0 komentar | Read More
techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger