Indonesia Targetkan Juara Umum Pencak Silat di ISG

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | 09.55

Senin, 11 Februari 2013 | 20:53 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) menargetkan Indonesia menjadi juara umum dalam cabang olahraga pencak silat di Islamic Solidarity Games III di Riau, Juni mendatang. Target itu ditentukan karena hanya delapan negara yang nantinya akan mengikuti cabang olahraga pencak silat di perhelatan multi-event  itu.


"Kita diuntungkan karena Vietnam tidak ikut," kata Pelatih Kepala Pencak Silat Taslim Aziz saat ditemui di sela-sela pelantikan pengurus PB IPSI, Senin, 11 Februari 2013, di kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Jakarta. Vietnam tidak berpartisipasi karena negara itu itu termasuk dalam negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI). Adapun  negara yang mengikuti cabang penck silat di ISG di antaranya  Indonesia, Malaysia, Kazakhstan, Yaman, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Taslim mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan 56 atlet pencak silat untuk menghadapi ISG dan SEA Games ke-27 di Myanmar, Desember mendatang. Jumlah itu akan diciutkan melalui berbagai seleksi sebelum berangkat ke Nay Pyi Taw, Myanmar, untuk mengikuti SEA Games.

Pada 15 hingga 17 Maret 2013 nanti, jumlah itu akan dikerucutkan menjadi 150 persen atau 35 orang. Sebanyak 35 orang itu, kata Taslim, akan dibagi dua untuk mengikuti dua kejuaraan, yaitu Belgia Terbuka pada Mei dan ISG pada Juni.

"Komposisinya akan kita campur, mana yang pengalamannya harus (ditambah) di Eropa, mana yang di Asia," kata Taslim. Di Belgia, ujar Taslim, pengurus akan memfokuskan keikutsertaan pada kelas-kelas besar.

Setelah selesai mengikuti kejuaraan Belgia Terbuka dan ISG nanti, atlet-atlet pencak silat akan diseleksi untuk menentukan siapa yang akan berangkat Nay Pyi Taw. Taslim mengatakan, atlet-atlet yang sudah ditentukan masuk tim inti SEA Games nantinya akan menjalani kamp pelatihan selam. "Tingkat kedisiplinan berlatih di sana (Shanghai) bagus. Lingkungannya juga mendukung," akata mantan atlet asal Perguruan Satria Muda Indonesia ini.

Taslim belum bisa menentukan target medali di SEA Games. Sebab, kata dia, kelas-kelas yang akan dipertandingan masih bisa berubah-ubah. Pada 1 Februari lalu, Pantia SEA Games ke-27 (MYASOC) telah menetapkan 460 nomor yang akan dipertandingkan dalam SEA Games. Di cabang olahraga pencak silat, panitia menetapkan 15 kelas yang akan dipertandingkan.

Taslim mengatakan saingan terberat Indonesia di SEA Games nanti adalah Vietnam. "Terutama di bagian putri," ujarnya. Ditambahkan Taslim, pencak silat akan berfokus di nomor pertandingan.

Pada SEA Games 2011, Indonesia menjadi juara umum di cabang pencak silat. Indonesia meraih 9 emas, 4 perak, dan 5 perunggu. Enam belas emas itu diraih dari 24 kelas yang dipertandingkan.

GADI MAKITAN


Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Targetkan Juara Umum Pencak Silat di ISG

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/02/indonesia-targetkan-juara-umum-pencak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Targetkan Juara Umum Pencak Silat di ISG

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Targetkan Juara Umum Pencak Silat di ISG

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger