Sepak Bola Venezuela dan Era Globalisasi

Written By Unknown on Jumat, 16 Agustus 2013 | 09.55

TEMPO.CO, Caracas--Sebagai negara yang gencar menyuarakan anti globalisasi, Venezuela tidak bisa mengelak dampak globalisasi yang masuk ke dunia olahraga, utamanya sepak bola. Sepak bola di negara yang pernah dipimpin oleh mendiang Hugo Chavez ini identik dengan masyarakat imigran dari Spanyol, Portugal atau Italia.

Namun bukan satu kebetulan jika Venezuela pernah memiliki bintang bernama Juan Arango yang berdarah asli Venezuela.  Di kutip dari BBC Sports, Kamis, 15 Agustus 2013, pada tahun 2007, Copa Amerika yang diselenggarakan di Venezuela untuk pertama kalinya mendorong pemerintah Venezuela merenovasi enam stadion untuk bisa digunakan dalam perhelatan terakbar sepak bola di kawasan Amerika Selatan.

Infrastruktur berjalan dengan baik. Tercatat sejak penyelenggaran Copa Amerika tahun 2007 hingga kini Venezuela sudah menambah tiga stadio baru berkualitas internasional. Bahkan ketiga stadion tersebut bisa menjadi investasi jangka panjang Venezuela di bidang sepak bola. Namun, bukan ukuran infrastruktur yang dilihat jika ingin menengok seberapa hebat sepak terjang tim nasional Venezuela.

Dari kualifikasi Piala Dunia 1998 hingga Piala Dunia 2014 di Brazil tahun depan, Venezuela masih menorehkan catatan buruk. Di tahun 1998, Venezuela menjadi 'bulan-bulanan' negara lain di Amerika Selatan, tanpa satu kali pun mencatat kemenangan, imbang tiga kali, dan tiga belas kali menderita kekalahan. Itu catatan terburuk Venezuela.

Di PD 2002 dan 2006, prestasi Venezuela setali tiga uang. Menduduki peringkat ke 9 dan 8 di akhir kualifikasi PD. Jika di tahun 2002, kekalahan yang diderita hanya duabelas kali, di tahun 2006 berkurang dua menjadi sepuluh kali menderita kekalahan.

Di 2014 ini, catatan bertanding Venezuela lebih baik. Venezuela sekarang berada di peringkat keempat klasemen sementara. Dengan menorehkan tiga kali kemenangan, tiga kali hasil imbang dan empat kali kekalahan.

Hal ini tentu menjadi paradoks untuk Venezuela yang selalu mengkritik gerakan globalisasi yang selalu menekankan pada pembangunan fisik semata. Faktanya, Venezuela secara sadar terdorong untuk mengikuti apa yang digariskan gerakan globalisasi tanpa membangun kualitas pesepak bola lokal. Hasilnya Venezuela masih dianggap tak berdaya di dunia sepak bola berbanding terbalik jika bicara Venezuela di bidang politik internasional.

BBC SPORTS | GALIH PRASETYO

Terhangat:
Suap SKK Migas | Sisca Yofie | FPI Bentrok

Baca juga:

Jacksen Tiago Pun Bisa Tidur Pulas
Jerman Selamat dari Kekalahan
Malam Ini Timnas U-23 Hadapi Brunei Darussalam
Indonesia Tekuk Filipina 2-0


Anda sedang membaca artikel tentang

Sepak Bola Venezuela dan Era Globalisasi

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/08/sepak-bola-venezuela-dan-era-globalisasi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sepak Bola Venezuela dan Era Globalisasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sepak Bola Venezuela dan Era Globalisasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger