120 Petinju Ikuti Kejurnas Sarung Tinju Emas  

Written By Unknown on Selasa, 08 Oktober 2013 | 09.55

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 120 petinju putra-putri dari berbagai provinsi di Indonesia diharapkan ikut serta pada kejuaraan nasional tinju amatir Sarung Tinju Emas (STE) di Medan, 19-24 Oktober mendatang.

"Mereka merupakan pemenang pada berbagai turnamen yang telah berlangsung sejak Januari lalu," tutur Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina), Martines Dos Santos, di Jakarta, Senin malam, 7 Oktober 2013.

Menurut Martines, turnamen-turnamen tersebut antara lain Piala Wakil Presiden, Kejuaraan Nasional, dan Turnamen Piala Rektor Universitas PGRI Kupang. "Tahun 2013 ini, jumlah turnamen tinju amatir di Indonesia lumayan banyak dibandingkan tahun 2012 lalu. Turnamen Piala Rektor Universitas PGRI di Kupang baru-baru ini malahan diikuti tim tinju Timor Leste. Mereka mengirimkan tiga tim," ujar Martines.

Menurut Martines, Kejuaraan Nasional STE memang dimaksudkan untuk mempertemukan para juara dan pemenang berbagai turnamen tinju di Tanah Air. Hal ini dimaksudkan untuk mencari petinju terbaik sepanjang tahun 2013.

"Kejurnas STE juga menjadi ajang pembuktian bagi para pembina tinju di masing-masing provinsi. STE menjadi kesempatan yang sangat baik untuk menambah pengalaman bertanding para petinju," jelasnya.

Martines juga mengatakan, STE merupakan ajang yang sangat baik bagi para petinju untuk mengasah kemampuan mereka. Menurut dia, Kejurnas STE telah mengorbitkan sejumlah petinju terbaik di Indonesia. Ia mencontohkan petinju Jawa Barat, Muhamad Alfarizi (almarhum), yang merupakan mantan petinju terbaik Kejurnas STE.

Tentang penunjukan Medan sebagai tuan rumah penyelenggara, Martines menyatakan, sejak awal Medan telah mengajukan diri sebagai tuan rumah penyelenggara. PP Pertina kemudian menetapkan Medan, mengingat Sumatera Utara merupakan satu dari daerah penghasil petinju nasional. Sebut saja nama Koko Pangaribuan, Syamsul Anwar, dan Hendrik Simangunsong, yang merupakan petinju nasional hasil binaan Sumatera Utara.  

Menurut Martines, para pemenang Kejurnas STE tersebut nantinya akan direkrut untuk memperkuat tim Indonesia pada Piala Presiden 2014. "Pertina berharap dari Kejurnas STE nanti muncul petinju berpotensi untuk memperkuat tim Indonesia pada Turnamen Tinju Piala Presiden tahun 2014," jelasnya.

Menyinggung persiapan PP Pertina menghadapi SEA Games di Myanmar, 11-22 Desember mendatang, Martines mengungkapkan, saat ini ada lima petinju putri dan tujuh putra yang digembleng di Kuba. Pemusatan latihan nasional tinju dilakukan di Kuba, mengingat negara ini masih merupakan kiblat tinju amatir dunia sampai sekarang.

PP Pertina menargetkan merebut sedikitnya dua medali emas pada SEA Games ke-27 di Myanmar nanti. "Target kami mengulang prestasi pada SEA Games di Indonesia 2011 lalu. Kami bersikap realistis karena peta kekuatan tinju Asia Tenggara saat ini masih didominasi Thailand dan Filipina," ujar Martines.

AGUS BAHARUDIN


Anda sedang membaca artikel tentang

120 Petinju Ikuti Kejurnas Sarung Tinju Emas  

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/10/120-petinju-ikuti-kejurnas-sarung-tinju.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

120 Petinju Ikuti Kejurnas Sarung Tinju Emas  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

120 Petinju Ikuti Kejurnas Sarung Tinju Emas  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger