Kedodoran di Latihan, Marquez Diragukan Juara

Written By Unknown on Sabtu, 22 Maret 2014 | 09.55

TEMPO.CO , Doha: Marc Marquez tampil kedodoran dalam sesi latihan bebas pertama ajang MotoGP di Sirkuit Losail, Doha, Qatar. Juara bertahan asal Spanyol itu hanya hanya bisa menempati urutan ke-11 pada sesi latihan Kamis lalu. Ia terpaut 1,481 detik dari Aleix Espargaro (tim NGM Forward Racing) yang tampil tercepat. Hari ini, Sabtu, 22 Maret 2014, ia akan menjalani babak kualifikasi untuk menentukan urutan start pada balapa sesungguhnya besok.

Tapi, hasil buruk pada Kamis lalu tak membuat pembalap 21 tahun itu gundah. Ia justru senang dengan hasil itu karena ia baru kembali mengendarai motornya, Honda RC213V, untuk pertama kalinya setelah 6 minggu istirahat. Ia harus istirahat menyusul kecelakaan yang membuat tulang kaki kirinya patah.

Meski belum pulih seratus persen, pada sesi latihan Kamis lalu ia tampil tanpa menggunakan obat penghilang rasa sakit. Ia mencatat waktu 1 menit, 56,682 detik dan menempati urutan kesebelas pada sesi latihan Kamis lalu.

"Saya senang dengan hasil sesi pertama latihan tersebut, karena saya baru kembali lagi mengendarai (motor) setelah lama absen," kata Marquez. "Saya pikir kaki saya tidak akan mengganggu penampilan saya, khususnya saat menikung ke kanan. Mudah-mudahan akan semakin membaik."

Musim lalu, Marquez tampil sebagai pembalap termuda yang mampu menjadi juara dunia kelas premier dalam 64 tahun sejarah Moto GP. Prestasinya itu menjadi mengesankan karena pada saat itu ia juga menjadi pendatang baru terbaik.

Namun, dengan cedera yang dialami, Marquez diragukan bisa mempertahankan gelarnya itu. Berdasarkan sejarah MotoGP, hanya Kenny Robert (AS) yang mampu mempertahankan gelarnya setelah ia menjadi juara dunia pada debutnya di MotoGP  saat itu (1978).  Robert mempertahankan gelar juara dunianya pada 1979 dan kemudian membuat hat-trick pada 1990.

Marquez, yang menjadi juara dunia kelas 125 cc pada 2010 dan Moto2 pada 2012, melihat dari selisih waktu, ia tidaklah terlalu ketinggalan. "Kami akan mencoba kembali bekerja dengan strategi yang sama hari ini. Dari sisi pencapaian waktu, kami tidak tertinggal terlampau jauh dari Jorge (Lorenzo), Valentino (Rossi), dan Dani (Pedrosa). Hasil ini masih dalam batas normal," kata dia.

Adapun rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, mengaku masih harus memperbaiki grip-nya (cengkeraman ban motor pada lintasan balap).  Menurut Pedrosa, yang hanya menempati urutan keenam dalam latihan bebas pertama, sejumlah pembalap yang pekan sebelumnya berlatih di sirkuit tersebut juga mengalami hal serupa.

Menurut dia, perlu mencoba lebih sering lagi lintasan itu agar motor dan pembalap beradaptasi lebih baik lagi dengan lintasan balap tersebut. Ia berharap hal ini tidak akan menggangu pada saat balapan Ahad nanti.

Keluhan yang sama disampaikan pembalap tim Yamaha dari Spanyol, Jorge Lorenso. Menurut dia motornya serasa melayang.  "Saya belum pernah  merasakan ban tidak dapat mencengkeram hingga seburuk ini," tutur Lorenzo yang menjuarai balapan di sirukit ini dalam dua tahun terakhir.

Lorenzo menempati urutan kesembilan pada sesi latihan Kamis lalu. Catatan waktunya terpaut 1,5 detik lebih lambat dari Aleix Espargaro.

Terkait dengan cengekaram ban tersebut, produsen ban Bridgestone telah mengubah konstruksi  ban belakang. Perubahan ini dilakukan untuk menghindari masalah melepuh seperti yang terjadi saat musim balap tahun lalu.

Menurut Lorenzo, masalah daya cengkeram ban yang kurang bagus itu terutama dirasakan pada tikungan panjang. Karena setelah menikung dan hendak menambah kecepatan  tinggi ia merasakan  motor menjadi seperti melayang.   "Ini benar-benar buruk," jelas Lorenzo.

MOTOGP | CRASH.NET | AGUS BAHARUDIN

Berita Terpopuler

Alasan Setneg Tak Setuju Pertanyaan Kick Andy
Kick Andy Pontang-panting Penuhi Order Istana
Kisah SBY Batal Tampil di Kick Andy Show  


Anda sedang membaca artikel tentang

Kedodoran di Latihan, Marquez Diragukan Juara

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2014/03/kedodoran-di-latihan-marquez-diragukan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kedodoran di Latihan, Marquez Diragukan Juara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kedodoran di Latihan, Marquez Diragukan Juara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger