Bulu Tangkis Kembangkan Pelatnas Desentralisasi

Written By Unknown on Selasa, 23 Oktober 2012 | 09.55

Senin, 22 Oktober 2012 | 16:10 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) yang baru akan mengembangkan pemusatan latihan nasional (pelatnas) terdesentralisasi. Kepala Subbidang Pengembangan Jaringan Daerah, Fasilitas, dan Kaum Muda, Yohannes I.W., menargetkan akan membangun satu fasilitas pemusatan latihan nasional (pelatnas) terdesentralisasi di daerah dalam satu tahun mendatang. 

"Pelatnas desentralisasi ini perlu karena atlet berbakat itu banyak dari daerah," kata Yohannes saat ditemui Tempo seusai pengumuman pengurus baru PB PBSI, Senin, 22 Oktober 2012, di Jakarta. Selama ini, menurut Yohannes, atlet-atlet yang berbakat itu tak tertampung di daerah.

Lantaran tak tertampung, kata Yohannes, atlet-atlet itu kemudian pindah ke pusat. Hal ini berakibat pada menurunnya animo bulu tangkis di daerah. Dengan adanya pelatnas terdesentralisasi ini, penanggung jawab pelatnas akan menyeleksi atlet-atlet di wilayahnya.

Menurut Yohannes, hal ini akan merangsang bergeliatnya kompetisi bulutangkis di daerah. "Atlet-atlet (berprestasi) akan bangkit," kata dia. 

Ia  mengatakan, dalam jangka panjang, pihaknya berencana membangun pelatnas desentralisasi di tiga wilayah di Indonesia. Selain pembangunan fasilitas pelatnas desentralisasi, ia juga bertugas memeratakan pembinaan bulu tangkis serta membangun komunikasi dengan klub-klub di daerah.

Penanggung jawab pelatnas akan membawahi tiga koordinator wilayah pengembangan. Pembagian wilayah ini, kata dia, sesuai dengan pembagian waktu di Indonesia, yaitu barat, tengah, dan timur. 

Sekretaris Jenderal PB PBSI yang baru, Fabianus Koesdarto Pramono, mengatakan fasilitas pelatnas desentralisasi itu diharapkan menyamai fasilitas yang sudah ada di Cipayung, Jakarta.

Konsep pembinaan dan pemerataan ini, kata dia, sudah dipikirkan sejak lama oleh pengurus demisioner. "Harus ada komunikasi yang harmonis antara pengurus besar dengan daerah-daerah," ujarnya.

Dengan adanya koordinator wilayah, kata Koesdarto, diharapkan tugas pemerataan menjadi semakin ringan.

GADI MAKITAN


Anda sedang membaca artikel tentang

Bulu Tangkis Kembangkan Pelatnas Desentralisasi

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2012/10/bulu-tangkis-kembangkan-pelatnas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bulu Tangkis Kembangkan Pelatnas Desentralisasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bulu Tangkis Kembangkan Pelatnas Desentralisasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger