Lance Armstrong Digugat US$ 12 Juta

Written By Unknown on Jumat, 08 Februari 2013 | 09.55

Jum'at, 08 Februari 2013 | 08:12 WIB

TEMPO.CO, Dallas - Bak jatuh dan mulai tertimpa tangga, inilah yang kini dialami pebalap sepeda Lance Armstrong. Setelah jadi bulan-bulanan terkait kasus doping yang menyeret dirinya, kini  sebuah perusahaan yang membayarnya menggugatnya US$ 12 juta untuk tiga dari tujuh kemenangan Tour de France.

SCA Promosi Inc, dalam gugatan yang didaftarkan di Pengadilan Texas di Dallas, menyebut Armstrong dan perusahaan manajemennya, Tailwind Sports, menipu mereka. Untuk itu, SCA menuntut Amstrong mengembalikan bonus US$ 12,1 juta bonus dan bunga untuk tahun 2002, 2003, dan 2004. Dalam tiga kejuaraan itu, Amstrong mengakui menggunakan doping.

Bulan lalu, Armstrong mengakhiri bertahun-tahun penyanggahannya dan mengaku dalam sebuah wawancara televisi dengan Oprah Winfrey bahwa ia menggunakan doping. Armstrong telah dilarang mengikuti kejuaraan balap sepeda seumur hidupnya dan seluruh medalinya dilucuti, termasuk hasil kemenangannya di Tour de France.

"Tak hanya merasa ditipu, reputasi SCA juga rusak dan kami mengalami kerugian besar dalam bisnis," kata Chief Executive Officer SCA, Robert Hamman, dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan pertempuran pengadilan pertama antara Armstrong dan perusahaan yang berbasis di Texas itu. Karena tuduhan doping pada tahun 2000-an, SCA awalnya menolak untuk membayar Armstrong US$ 5 juta uang bonusnya, dan menjanjikan akan dibayar saat ia memenangkan gelar keenam pada tahun 2004. Tapi SCA diperintahkan untuk membayar setelah Armstrong menang di pengadilan, yang menyatakan di bawah sumpah bahwa ia bebas doping.

SCA membayar bonus US$ 5 juta, ditambah US$ 2,5 juta pada biaya bunga dan pengacara, sebagai bagian dari penyelesaian sengketa hukum 2006.

Armstrong juga menghadapi gugatan perdata yang diajukan oleh mantan rekan setimnya, Floyd Landis. Departemen Kehakiman AS belum mengatakan apakah mereka berniat untuk bergabung dengan gugatan itu.

Juga, bulan lalu dua pria California menggugat Armstrong dan penerbit bukunya atas tuduhan penipuan dan iklan palsu. Sang penerbit menyebut buku yang diklaim sebagai memoir best seller dan non-fiksi, padahal di dalamnya berisi kebohongan setelah pengakuannya yang berlawanan dengan isi memoir itu.

AP | TRIP B


Anda sedang membaca artikel tentang

Lance Armstrong Digugat US$ 12 Juta

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/02/lance-armstrong-digugat-us-12-juta.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lance Armstrong Digugat US$ 12 Juta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lance Armstrong Digugat US$ 12 Juta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger