Bos Cardiff City Beli Klub Bosnia

Written By Unknown on Jumat, 27 Desember 2013 | 09.55

TEMPO.CO, Cardiff - Kiprah bos Cardiff City, Vincent Tan, di industri sepak bola Eropa semakin luas. Kemarin, pengusaha properti dan rumah judi asal Malaysia itu mengumumnkan bahwa dirinya telah membeli klub Bosnia-Herzegovina, FK Sarajevo.

"Saya ingin memberi kesempatan kepada pemain asal Sarajevo untuk bermain di Liga Primer dan Cardiff City," ujar Tan dalam wawancara dengan media lokal, Dnevi Avaz, seperti dilansir Telegraph, Kamis, 26 Desember 2013.

"Saya juga akan membangun akademi dengan fasilitas bagus sehingga menarik minat pemain-pemain berbakat dari seluruh Bosnia-Herzegovina," tambahnya.

Namun, baik Tan maupun manajemen FK Sarajevo, tidak merinci jumlah dana yang diinvestasikan dalam kerja sama tersebut. Dalam keterangannya, pihak klub hanya mengatakan kesepakatan itu adalah hasil perjalanan panjang sejak Tan mengutarakan minatnya menjadi pemilik klub pada Juni lalu.

Di kalangan penggemar sepak bola Inggris, khususnya penggemar Cardiff, Tan adalah sosok kontroversial. Dia mengubah warna kebesaran tim dari biru menjadi merah dan mengubah logo klub dengan menambahkan logo naga. Padahal, sebelumnya Cardiff dikenal dengan julukan "Si Burung Biru".

Dia pun sempat terlibat konflik dengan manajer Malky Mackay dan mengancam memecat sang pelatih. Keributan akhirnya mereda setelah para penggemar menyatakan dukungan kepada Mackay.

Namun Tan rupanya telah menarik pelajaran dari pengalaman di Cardiff. Kepada para penggemar FK Sarajevo, dia berjanji tidak akan mengubah logo dan warna kebesaran klub.

"Itu termasuk dalam kesepakatan kami dengan Tan," tulis klub dalam keterangan resminya.

Asosiasi Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dalam regulasinya memang tidak mengatur detail soal kepemilikan suatu klub, bahwa satu orang hanya boleh memiliki satu klub. Penekanan utamanya adalah, klub-klub tersebut tidak bisa bertemu di kompetisi Eropa.

FK Sarajevo adalah klub yang bermarkas di Sarajevo, ibu kota Bosnia, yang didirikan pada 24 Oktober 1946. Musim lalu, mereka berada di peringkat kedua Liga Primer Bosnia sehingga berhak tampil di Liga Eropa. Namun, mereka terhenti di babak kedua, setelah dikalahkan klub Albania, FK Kukesi, dengan agregat 2-3.

Tim berjulukan Si Marun dan Putih itu dua kali menjuarai Liga Bosnia, yaitu pada musim 1998-1999 dan 2006-2007; empat kali menjuarai Piala Bosnia, yaitu pada musim 1996-1997, 1997-1998, 2001-2002, dan 2004-2005; serta satu kali menjuarai Piala Super Bosnia, yaitu pada musim 1996-1997.

TELEGRAPH | ARIE FIRDAUS


Anda sedang membaca artikel tentang

Bos Cardiff City Beli Klub Bosnia

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/12/bos-cardiff-city-beli-klub-bosnia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bos Cardiff City Beli Klub Bosnia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bos Cardiff City Beli Klub Bosnia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger