Adu Panco Diusulkan Masuk PON

Written By Unknown on Senin, 03 Maret 2014 | 09.55

Peserta pekan olahraga pribumi dari Indian Pataxo saling berhadapan dalam gulat tradisonal di Cuiaba, Brasil (13/11). Sekitar 1,600 Indian dari 48 suku turut merayakan kebudayaan pribumi Brasil melalui Pekan olahraga pribumi ke-12. (AP Photo/Felipe Dana)

TEMPO.CO, Balikpapan - Adu panco yang mempertandingkan kekuatan otot lengan bakal naik kelas. "Kami mengusulkan panco diakui untuk ikut Pekan Olahraga Nasional (PON) nanti," kata atlet panco nasional, James H. Anes, kepada pers, Senin, 3 Maret 2014.

Pengurus Olahraga Gulat dan Tangan Indonesia serta Internasional Armwrestling Asosiasi (IAA) Indonesia sedang berjuang agar olahraga panco ini diakui di kancah nasional. Mereka menargetkan terbentuknya 20 pengurus daerah olahraga Panco sebagai syarat utama agar bisa didaftarkan KONI serta dijadikan cabang olahraga PON.

Menurut James, bulan lalu terbentuk pengurus daerah di Sumatera Selatan dan Riau. Sejak 2005, olahraga ini sudah eksis di masyarakat.  Sejumlah atlet panco nasional sering mengikuti kongres dan kegiatan panco dunia. (Lihat Foto:Lihat Serunya Olimpiade Pribumi Indian di Brasil)

Pada 2010, Indonesia masuk peringkat lima dunia. Pada Juni ini Indonesia  akan mengikuti kejuaraan Asia Pasifik di Jepang. "Antusias masyarakat terhadap olahraga panco makin tinggi," kata James.

Hal ini juga diakui Ketua POGTI Kalimantan Timur Andi Burhanuddin Solong. "Panco bukan hanya membawa misi keolahragaan, tetapi mengembangkan misi perdamaian bangsa," katanya. Sebentar lagi akan dilakukan Turnamen Panco Internasional di Balikpapan. Pertandingan ini diikuti pula atlet panco dari Malaysia.

SG WIBISONO

Terpopuler
Jokowi Capres, Demokrat Setia dengan Konvensi
Benarkah PDIP Sudah Susun Kabinet Bayangan?
Jokowi Kuatkan Elektabilitas Megawati
PDIP Sudah Dilobi Militer
Astrolog: Oktober 2014, Mega Rayakan Kemenangan


Anda sedang membaca artikel tentang

Adu Panco Diusulkan Masuk PON

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2014/03/adu-panco-diusulkan-masuk-pon.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Adu Panco Diusulkan Masuk PON

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Adu Panco Diusulkan Masuk PON

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger