Cara Malaysia Raih Emas Olimpiade: Rp 95 Miliar Setahun

Written By Unknown on Rabu, 31 Oktober 2012 | 09.55

Rabu, 31 Oktober 2012 | 09:01 WIB

TEMPO.CO, Kuala Lumpur - Olimpiade Rio de Janeiro masih empat tahun lagi, 2016. Sementara Olimpiade London baru saja usai dua bulan lalu. Tapi, Malaysia tak mau tinggal diam demi medali emas untuk empat tahun lagi.

"Kami memperkirakan pengeluaran untuk olimpiade RM 30 juta (Rp 95 miliar) per tahun untuk program medali emas," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek, seperti yang dikutip thestar.com, Rabu, 31 Oktober 2012.

Menurut dia, pemerintah Malaysia sudah menggelontorkan Rp 157 miliar demi program bertajuk "Road to Rio". Tapi, Shabery mengatakan mereka membutuhkan dana lebih banyak. "Setiap induk organisasi olahraga kami wajibkan untuk mencari sponsor," katanya.

Malaysia memutuskan akan mengikuti 11 cabang olahraga Olimpiade 2016. Cabang itu adalah akuatik, atletik, badminton, bersepeda, gymnastic, anggar, hoki pria, menembak, angkat berat, dan berlayar. Negeri jiran ini pun akan mengevaluasi cabang olahraga golf, berkuda, dan tinju.

Pada Olimpiade London, Malaysia hanya berhasil meraih dua medali. Satu medali perak dari pemain badminton Lee Chong Wei dan satu perunggu dari peloncat Indah bernama Pandelela Rinong. Menurut Bernama, Malaysia mengirimkan 30 atlet untuk delapan cabang yaitu panahan, badminton, bersepeda, akuatik, berlayar, anggar, menembak, dan atletik.

Kini langkah yang harus diputuskan untuk setiap induk adalah mengidentifikasi atlet Olimpiade Rio. Para atlet, menurut Shabery, harus diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Kata Shabery, pemilihan cabang-cabang itu berdasarkan peluang untuk mendapatkan emas. "Kami juga mencari cabang olahraga yang bisa membuat atlet lolos kualifikasi olimpiade," ujar dia. Sebenarnya, Malaysia berharap untuk menambah jumlah cabang olahraga. Tapi, kata Shabery: "Lebih penting untuk menghasilkan juara Olimpiade."

Satu cabang yang tak mendapat tempat tapi diperhitungkan adalah sepak bola. Tim Harimau Malaysia ini akan dipertimbangkan ikut Olimpiade jika menunjukkan hasil yang bagus dalam pertandingan ASEAN Football Federation (AFF) Suzuki Cup, bulan depan.

DIANING SARI

Berita lain:
Torres dan Mata Tak Dengar Hinaan Clattenburg
Waktu Kecil, Messi Ternyata Suka Menyontek
Jorge Lorenzo Kesulitan Pakai Motor Bebek
Ketagihan Pakai Bebek, Lorenzo Tambah Putaran
Messi: Saya Bukan Pemain Egois


Anda sedang membaca artikel tentang

Cara Malaysia Raih Emas Olimpiade: Rp 95 Miliar Setahun

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2012/10/cara-malaysia-raih-emas-olimpiade-rp-95.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Cara Malaysia Raih Emas Olimpiade: Rp 95 Miliar Setahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Cara Malaysia Raih Emas Olimpiade: Rp 95 Miliar Setahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger