Rapor Hitam Wasit MU vs Chelsea

Written By Unknown on Minggu, 04 November 2012 | 09.55

Minggu, 04 November 2012 | 05:35 WIB

TEMPO.CO , Jakarta:Nama Mark Clattenburg menjadi "bintang" di Liga Premier Inggris pekan ini. Wasit yang secara terang-terangan mendukung Newcastle United ini membuat sejumlah keputusan kontroversial saat memimpin laga Manchester United kontra Chelsea di Stanford Bridge, Ahad lalu. Ia juga disorot lantaran sikap rasisnya terhadap dua pemain Chelsea.

Dalam laga bertensi tinggi itu, Clattenburg memberikan dua kartu merah kepada pemain Chelsea, Branislav Ivanovic dan Fernando Torres. Ia juga mengesahkan gol pemain depan Manchester United, Hernandez, meski diduga offside. Sehingga Chelsea terpaksa menelan kekalahan pahit 2-3 di kandangnya sendiri.

Namun bukan itu yang membuat The Blues --julukan Chelsea-- berang. Melainkan ucapan Clattenburg terhadap dua pemainnya, John Obi Mikel dan Juan Mata, yang diduga bernada rasis. Saat pertandingan berlangsung, Obi mendengar Clattenburg berkata "Monkey" kepada dirinya dan menyebut Juan Mata "Spanish Twat''".

Chelsea melaporkan kasus ini ke Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Kepolisian Metropolitan London juga turun tangan setelah menerima laporan dari Society of Black Lawyers. Investigasi pun digelar. Jika terbukti, ia bakal dihukum berat. Clattenburg juga terancam dipecat dari korps baju hitam.

"Reputasi dan integritas saya sedang dipertaruhkan. Saya akan menghadapi semua ini sampai akhir karena saya tidak bersalah," kata Clattenburg membantah tudingan tersebut. "Tidak mungkin saya mengucapkan apa yang mereka tudingkan. Karena saya tidak pernah mengucapkan kata-kata yang tidak pantas diucapkan."

Ini bukan pertama kalinya Clattenburg dililit kontroversi. Pada 2002 lalu, misalnya, ia pernah dihujat habis-habisan saat hanya memberikan kartu kuning kepada pemain bertahan Stockport Country, Dave Challinor, yang menekel pemain Grimby City, Martin Pringle. Padahal, akibat tekelan keras itu, karir Pringle habis lantaran kakinya patah di dua bagian.

Keputusannya saat membatalkan gol gelandang Tottenham Hotspur, Pedro Mendes, ke gawang Mancheser United pada 2005 lalu juga dinilai keliru. Sebab, melalui tayangan ulang, terlihat jelas bola hasil sepakan keras Pedro itu telah menembus garis gawang. Lima tahun kemudian, pada Oktober 2010, Mark kembali "memenangkan" Manchester United atas Spurs.

Apa lagi rapor sang Wasit? Baca lengkap di Koran Tempo Minggu 3 November 2012

GUARDIAN | MIRROR | DAILY MAIL | DWI RIYANTO AGUSTIAR

Berita Terpopuler
Rajin Sidak, Jokowi Dinanti di Kepulauan Seribu
Istana: Tak Ada Barter Tangguh dan Gelar Ksatria 
Slank Dilarang Tampil di Tangerang 
Siapa Bilang Sulit Mengurus Surat Tilang? 
Dahlan Iskan: Ada Sekitar 10 ''Pemeras'' BUMN 
Merpati Terbang Jakarta-Bima Rp 50 Juta 
KPK Kantongi Bukti Aliran Dana Hambalang  


Anda sedang membaca artikel tentang

Rapor Hitam Wasit MU vs Chelsea

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2012/11/rapor-hitam-wasit-mu-vs-chelsea.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rapor Hitam Wasit MU vs Chelsea

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rapor Hitam Wasit MU vs Chelsea

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger