Mau Jadi Juri Ballon d'Or? Begini Syaratnya  

Written By Unknown on Kamis, 10 Januari 2013 | 09.55

Lionel Messi memandangi piala Ballon d'Or 2012 dalam acar jupa pers sebelum pengumuman pemain terbaik 2012 di Kongresshaus, Zurich, Swiss, (8/1). REUTERS/Michael Buholzer

Kamis, 10 Januari 2013 | 06:37 WIB

TEMPO.CO, Jakarta-- Nurdin Saleh, wartawan senior Tempo, satu-satunya orang Indonesia yang memberikan suaranya dalam pemilihan gelar pemain terbaik FIFA atau Ballon d'Or 2012. Lalu, bagaimana caranya agar seorang wartawan menjadi juri?

Nurdin mengatakan, tidak ada syarat khusus untuk menjadi juri Ballon d'Or. "Jadi syaratnya adalah media di suatu negara dan disetujui France Football, khusus untuk yang wartawan," katanya di kantor Tempo, Rabu, 9 Januri 2013.

Kendati begitu, France Football tidak pernah membuka pendaftaran untuk menjadi juri Ballon d'Or. "Kalau melihat dari pengalaman selama ini, sepertinya mereka merekrut juri-juri melalui jaringan mereka yang ada," tutur Nurdin.

Artinya, Nurdin melanjutkan, juri-juri yang sudah terdaftar diminta France Football untuk memperluas jaringannya. "Mereka meminta masukkan dari para juri apakah ada kenalan di negara lain," ujar Redaktur olahraga Koran Tempo itu.

Nurdin pun merupakan salah satu yang direkomendasikan juri Ballon d'Or. Ia direkomendasikan oleh Shuichi Tamura, wartawan asal Jepang. "Ia menghubungkan saya dengan France Football," ucap pria yang sudah tiga tahun menjadi juri itu.

Lalu, Nurdin mendapat surat permintaan untuk menjadi juri dari pemimpin redaksi France Football, Denise Chaunier. "Ketika itu diminta media apa, alamat, telepon, dan sebagainya," ujarnya. "Setelah itu dia balas, selamat datang di tim juri.

SINGGIH SOARES TONCE


Anda sedang membaca artikel tentang

Mau Jadi Juri Ballon d'Or? Begini Syaratnya  

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/01/mau-jadi-juri-ballon-dor-begini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mau Jadi Juri Ballon d'Or? Begini Syaratnya  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mau Jadi Juri Ballon d'Or? Begini Syaratnya  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger