Manajer Dikriminalisasi, Pelatnas Tenis Meja Terganggu

Written By Unknown on Selasa, 09 April 2013 | 09.55

TEMPO.CO, Jakarta - Persiapan tim nasional (timnas) tenis meja terganggu masalah konflik pengurus. Manajer tim tenis meja, Peter Layardi, dilaporkan ke polisi karena dituding melakukan tindak pidana penghinaan, pengancaman, dan perbuatan tidak menyenangkan oleh mantan Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) Irianti Marina. "Saya terkejut, bingung, dan stres," kata Peter kepada wartawan dalam konferensi pers di gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI),  Jakarta, Senin, 8 April 2013.

Peter merasa tidak pernah melakukan perbuatan seperti yang dilaporkan Irianti. Malangnya, saat ini Peter telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri). Ia telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka sebanyak dua kali. Besok, Peter akan kembali menjalani pemeriksaan di Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri. "Bahkan, kami mendapat kabar bahwa berkasnya sudah P-21 (layak dilimpahkan ke kejaksaan untuk kemudian diadili)," kata Boy Nurdin, kuasa hukum Peter.

"Saya tidak bisa berkonsentrasi sebagai manajer tim," kata Peter, yang merupakan sekretaris Komite Penyelamat Tenis Meja Seluruh Indonesia (KPTMSI), kelompok kritis yang menentang kepemimpinan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PB PTMSI) Dato Tahir dan Irianti. Peter sedang memimpin persiapan timnas yang akan berangkat ke Kejuaraan Dunia Tenis Meja di Paris, Prancis, pada  13-20 Mei 2013. Selain itu, ia juga sedang mempersiapkan Kejuaraan Tenis Meja Terbuka Junior dan Kadet di Bangkok, Thailand,  4-8 Mei 2013.

Secara terpisah, Kepala Pelatih tim tenis meja, Anton Suseno, yang juga  Ketua KPTMSI, mengatakan akan berusaha menempuh langkah-langkah mediasi. "Kami ingin nilai-nilai olahraga seperti fairness dan friendship dikedepankan," kata Anton. Ia menyatakan tidak akan mengganti Peter sebagai manajer timnas. Anton berharap kasus hukum ini tidak berlanjut sehingga tidak akan mengganggu kinerja Peter.

Anton mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga uji tanding ke luar negeri bagi atlet-atlet pelatnas. Selain dua kejuaraan yang telah disebutkan di atas, kejuaraan lain yang akan diikuti yaitu Asian Youth Games di Nanjing, Cina, 16-24 Agustus 2013 dan Kejuaraan Australia Junior Terbuka di Melbourne, September mendatang.

Selain kasus hukum yang melilit manajer tim, tenis meja juga menghadapi  masalah dana. Sebab, kata Anton, hingga saat ini dana dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk uji tanding belum turun. Mengenai hal ini, Anton sedang membicarakannya dengan pengurus. "Kami berusaha menalangi dulu," ujarnya.

Konflik di tubuh pegurus tenis meja Indonesia bermula dari protes Anton dan kawan-kawan atas hasil musyawarah nasional di Solo, Jawa Tengah, September 2012 yang mengangkat kembali Dato Tahir menjadi ketua umum untuk ketiga kalinya. Menurut mereka, hal itu tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

Peter dituduh mengeluarkan kata-kata kasar terhadap Irianti saat datang memprotes jalannya musyawarah nasional di Solo tersebut. "Saya tidak pernah melakukan itu," kata Peter. Ia mengaku memiliki bukti rekaman yang membuktikan pembelaannya.

Boy mengatakan telah terjadi diskriminasi dalam proses penyidikan. "Saksi-saksi yang meringankan klien kami (Peter) tidak dihadirkan," ujarnya. Oleh karena itu, Boy dan kawan-kawan akan melakukan langkah-langkah non-hukum seperti bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan mendesak dewan untuk memanggil Kepala Kepolisian serta Jaksa Agung untuk mempertanggungjawabkan perbuatan anak buah mereka yang dinilai Boy janggal.

GADI MAKITAN


Anda sedang membaca artikel tentang

Manajer Dikriminalisasi, Pelatnas Tenis Meja Terganggu

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/04/manajer-dikriminalisasi-pelatnas-tenis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Manajer Dikriminalisasi, Pelatnas Tenis Meja Terganggu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Manajer Dikriminalisasi, Pelatnas Tenis Meja Terganggu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger