'Darah' Sepak Bola Mengalir di Kaki Ronaldo  

Written By Unknown on Minggu, 18 Agustus 2013 | 09.55

TEMPO.CO, Madrid--Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo telah menorehkan diri sebagai bintang dunia. Benarkah 'darah' sepak bola telah mengalir di tubuh dan kaki Ronaldo?

Foto yang dirilis Marca, Sabtu 17 Agustus 2013, memperlihatkan gambaran bagaiamana sepakbola mengalir deras di darah pemain berkebangsaan Portugal itu. Foto tersebut diambil saat Cristiano Ronaldo latihan, Jumat 16 Agustus 2013 di Stadion Bernabeu.

Betis Ronaldo, menjadi fokus dalam foto tersebut, memperlihatkan urat-urat kokoh. Betis ini bisa menjelaskan bagaimana pemain ini bisa melepaskan tendangan dengan kecepatan mencapai 128 km/jam.

Kecepatan bola yang ditendang memang masih kalah dibandingkan dengan kecepatan bola yang ditendang mantan bintang internasional Brazil, Roberto Carlos. Namun menurut penelitian di Inggris, bola yang dihempaskan kaki Ronaldo lebih menyulitkan dan memiliki pergerakan yang 'liar' untuk bisa ditebak.

Seorang kiper di Spanyol pernah mengatakan kepada harian lokal Spanyol bahwa tendangan Ronaldo diibaratkan seperti balon yang dihempaskan ke udara dan bergerak tidak menentu.

Secara ilmu fisika, bola yang ditendang Ronaldo seperti menjabarkan penemuan Isaac Newton mengenai hukum fisika bagaiamana suatu benda melayang di udara dengan memindahkan energinya melawan udara disekitarnya.

Bola tendangan Ronaldo memiliki daya putaran rendah tetapi menusuk tajam. Tekanan udara berasal dari bawah dan atas bola yang ditendang oleh Ronaldo.

Dari segi kekuatan tubuh, Ronaldo memiliki kecepatan lari mencapai 11,6 detik untuk jarak 100 meter. Ronaldo di peringkat kedua dibawah gelandang Tottenham Hotspur yang memiliki kecepatan lari 10,23 detik untuk 100 meter.

MARCA | FOOTYROOM | THE GUARDIAN | GALIH PRASETYO

Baca juga:
Vidic: Skuad Manchester United Paling Kuat
Chiellini Keluhkan Stamina Pemain Italia
Sepak Bola Venezuela dan Era Globalisasi


Anda sedang membaca artikel tentang

'Darah' Sepak Bola Mengalir di Kaki Ronaldo  

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2013/08/darah-sepak-bola-mengalir-di-kaki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

'Darah' Sepak Bola Mengalir di Kaki Ronaldo  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

'Darah' Sepak Bola Mengalir di Kaki Ronaldo  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger