PSSI Siap Gandeng J-League

Written By Unknown on Senin, 27 Januari 2014 | 09.55

Seorang model meletakkan tropi bergilir Indonesian Super League (ISL) 2014 saat peluncuran ajang kompetisi sepak bola Indonesia Super League (ISL) 2014 di Hotel Shangril-La, Surabaya, Minggu (26/1). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.COSurabaya - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) siap menggandeng Liga sepak Jepang, J-League, untuk kerjasama sepak bola. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan MoU di acara Launching Indonesia Super League (ISL) 2014 di Surabaya, Ahad, 26 Januari 2014.

"Ini kesepaktan dengan liga sepak bola terbaik di Asia," kata Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono pada wartawan.

Joko berharap dengan kerjasama ini, Indonesia bisa menjadi pemain bagi market di Asia. Apalagi saat ini, sepak bola bukan hanya sekedar permainan tapi sudah menjadi industri. Tayangan Liga Eropa mendominasi di Asia, tak terkecuali Indonesia. Karenanya, PSSI ingin mengembangkan sepak bola Indonesia sehingga negara ini tidak hanya sebagai pasar tapi juga pemain.

Menurut Joko, kerjasama dengan J-League akan mencakup beberapa hal diantaranya manajemen liga, pengembangan wasit dan pelatih serta pertukaran pemain. "Ini percepatan besar bagi pengembangan sepak bola Indonesia," ujar pria yang juga menjadi CEO PT Liga Indonesia ini.

Sebagai bentuk konkrit kerjasama, PSSI akan mengirimkan league officer ke Jepang, Spanyol dan Eropa. Program ini akan dilaksanakan mulai Maret hingga Juli mendatang. Mereka akan mendalami pemasaran, managemen media dan infrastruktur sepak bola selama 1-2 bulan. Setelah lebih dulu mengikuti tes di Liga Indonesia, 22 orang akhirnya terpilih untuk dikirim mengikuti program ini. "Ini proses transformasi dari profil amatir dan profesional," ujarnya.

Direktur Kompetisi J-League Daisuke Nakanishi menyambut baik kerjasama dengan PSSI. Menurutnya, Indonesia banyak memiliki atlet muda dan berpotensi besar menjadi pemain profesional. Apalagi dengan menggelar kompetisi Indonesia Super League (ISL) yang diyakini Daisuke bisa menjadi ajang turnamen para pemain Indonesia.

"Indonesia banyak memiliki atlet muda dan berpotensi. Saya percaya dengan ISL, Indonesia makin sukses," katanya.

Jepang sebagai negara tertua di Asia yang bermain sepak bola telah menjadi juara dunia 5 kali. Tapi 30 tahun lalu, Jepang berhasil dikalahkan Indonesia. Daisuke berharap kerjasama dengan Indonesia bisa kembali mengantarkan kedua negara sebagai juara.

AGITA SUKMA LISTYANTI

 


Anda sedang membaca artikel tentang

PSSI Siap Gandeng J-League

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2014/01/pssi-siap-gandeng-j-league.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

PSSI Siap Gandeng J-League

namun jangan lupa untuk meletakkan link

PSSI Siap Gandeng J-League

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger