Meski Cedera, Tommy Siap Penuhi Target

Written By Unknown on Selasa, 04 Maret 2014 | 09.55

TEMPO.CO , Jakarta: Pemain bulu tangkis putra nomor satu Indonesia, Tommy Sugiarto, siap memenuhi target menembus babak semifinal yang dipercayakan kepadanya pada Turnamen All England 2014 di Birmingham, Inggris, mulai Selasa, 4 Maret 2014.

Sekalipun, Tommy mengalami kendala berupa sakit di telapak kaki kirinya. Informasi ini diperoleh dari Joko Suprianto, pelatih tunggal putra di Pemusatan Latihan Nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI).

Yuni Kartika, kepala Sub Bidang Hubungan Masyakat dan Media Sosial Pengurus Pusat PBSI, mengungkapkan informasi dari Joko ini kepada Tempo, Senin, 3 Maret 2014. Joko berada di Birmingham mendampingi Tommy.

"Dari segi latihan, Tommy sangat siap," kata Joko sebagaimana ditirukan Yuni. "Tapi, sakitdi telapak kakinya cukup mengganggu."

Menurut Yuni, seharusnya telapak kaki Tommy sudah dioperasi. "Tapi, karena jadwal turnamen yang padat, operasi belum sempat dilakukan," ujarnya.

Sakit di telapak kaki Tommy, kata Yuni, membuat pemain bulu tangkis kelahiran Jakarta, 31 Mei 1988, ini merasakan kesakitan ketika harus mengantisipasi bola depan. "Tapi, Tommy akan berjuang maksimal sekalipun mengalami sakit," kata Yuni. "Dia sudah mempelajari video pertandingan lawannnya."

Tommy akan mulai berjuang pada babak pertama yang dilangsungkan mulai Rabu, 5 Maret 2014. Pada babak pertama itu, Tommy akan menghadapi pemain yang lolos dari babak kualifikasi.

Tommy berada di grup  tengah. Unggulan lain yang ada pada grup itu adalah pemain Vietnam, Tien Minh Nguyen, yang berada di unggulan kedelapan. Jika perjalanan mulus, mereka berdua bisa bertemu di perempat final.

Catatan pertemuan Tommy dengan Nguyen tidak terlalu bagus. Dari 7 kali bertanding, Tommy baru menang satu kali, yaitu pada saat Turnamen Superseries Singapura Terbuka Juni tahun lalu.

Namun, kemenangan itu dramatis. Tommy yang bukan unggulan mengalahkan Nguyen yang berada diunggulan keenam di babak semifinal. Tommy pun terus melaju mengalahkan unggulan lainnya, Boonsak Ponsana, dan merebut gelar turnamen superseries pertamanya.

Sebelum melaju ke perempat final, Tommy juga harus menghadapi seniornya di pelatnas, Sony Dwi Kuncoro. Jika Sony lolos dari babak pertama, mereka bisa bertemu di babak kedua.

Chen Long, pemain nomor dua dunia, berada di grup bawah bersama Boonsak. Jika Tommy lolos dari perempat final, kemungkinan besar satu dari dua lawan inilah yang akan ia hadapi di semifinal.

Melawan Chen Long, Tommy punya alasan untuk percaya diri. Sekalipun sebelumnya kalah enam kali dari Chen Long, Tommy berhasil mematahkan rekor itu dengan memenangkan pertandingan melawan Chen Long di Turnamen Superseries Indonesia Terbuka Juni tahun lalu.

Berhasilnya Tommy mengalahkan Chen Long salah satunya disebabkan dukungan dari persiapan yang lebih matang menggunakan piranti lunak analisis performa. Tommy bisa mendeteksi di mana kelemahannya dan bagaimana kecenderungan bermain Chen Long sehingga ia bisa mengantisipasinya.

Sedangkan melawan Boonsak, Tommy punya catatan baik. Dari empat kali pertemuan, Tommy menang tiga kali. Dua dari tiga kemenangan itu dia raih tahun lalu, pada Singapura Terbuka dan Jerman Terbuka.

Menurut Yuni, Tommy akan lebih mudah jika menghadapi Boonsak ketimbang Chen Long. "Kalau Chen Long rasanya agak berat. Semoga dia bertemu Boonsak,"  kata dia. GADI MAKITAN

Berita Terpopuler:
Mega Putuskan Jokowi Capres Sejak Dua Pekan Lalu?
PM Ukraina: Rusia Deklarasikan Perang
Rusia Kirim Tentara, Obama Telepon Hollande


Anda sedang membaca artikel tentang

Meski Cedera, Tommy Siap Penuhi Target

Dengan url

http://yukolahragasehat.blogspot.com/2014/03/meski-cedera-tommy-siap-penuhi-target.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Meski Cedera, Tommy Siap Penuhi Target

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Meski Cedera, Tommy Siap Penuhi Target

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger